Para Kyai Kuningan Deklarasi Dukung Ridwan Kamil Menuju Jabar 1

Eddy FloEddy Flo - Minggu, 10 September 2017
Para Kyai Kuningan Deklarasi Dukung Ridwan Kamil Menuju Jabar 1
Walikota Bandung Ridwan Kamil (baju biru) bersalaman dengan para Kyai di Kuningan (Foto: MP/Mauritz)

MerahPutih.Com - Para pemimpin pondok pesantren di Kabupaten Kuningan mendeklarasikan dukungan untuk Ridwan Kamil dalam pertarungan pemilihan gubenur Jawa Barat periode 2018-2023. Mereka juga berikrar bergabung menjadi tim sukses di tingkat daerah yang terhimpun dalam wadah TrenRK.

"Para pemimpin pondok pesantren dan majelis taklim siap mendukung dan menyukseskan TrenRK menjadi gubernur Jawa Barat," kata Kyai Udi Sahudi salah seorang deklarator saat membacakan naskah deklarasi TrenRK Kabupaten Kuningan di gedung PD IPHI, Minggu (10/9).

Penasehat Umum TrenRK Kabupaten Bandung KH Miftahul Ulum bercerita bagaimana awal-awalnya ia mengaku ragu dengan ketokohan Ridwan Kamil. Namun setelah bertemu langsung dengan orangnya dan mendengar langsung prestasi yang sudah dibuatnya di Kota Bandung, dan mendengar sendiri ucapan Kang Emil soal takdir dan nasib di acara deklarasi pencalonannya sebagai Gubernur, dia pun berubah pikiran dan semakin simpati kepada konsep-konsep pembangunannya, terutama keberpihannya pada pesantren.

Karena itu ia berpesan kepada Ridwan Kamil agar bisa mengayomi kelangsungan kehidupan pesantren, khususnya yang membutuhkan pendanaan infrastruktur pembangunan. Pengalaman selama ini, kalau tidak ada "orang dalam" maka bantuan dari pemerintah itu sulit terwujud.

"Mudah-mudahan Pak Ridwan Kamil jadi 'orang dalam' yang akan memfasiltasi para kyai di Kabupaten Kuningan. Insya Allah, para kyai di sini pun menjadi tim sukses Pak RK," ujarnya.

Para pemimpin pondok pesantren yang ikut deklarasi yaitu, KH Az Mutakin (Riyadul Baddiah), KH Miftahul Ulum (Riyadul Awamil), KH Udi Mashudi (Raudlatul Mubtadiin), KH. Ma'sum Abdidullah (Darul Qur'an), Kyai Enjam Jamaludin (Al Abror), Kyai Udi Sahudi (Hasan Mawardi), Kyai Asep Saepudin (Darurohman), Kyai Dodo Ali Murtado (Darul Mata'alimien dan dan lain sebagainya.

Menanggapi dukungan dari kalangan pesantren ini, Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil mengapresiasi dan menghargai doa dan dukungan yang disampaikan kepadanya sebesar apapun. "Saya terharu, tidak menyangka akan ada acara deklarasi, tahunya hanya akan membahas soal aspirasi pesantren," ujarnya.

Jika menjadi gubenur Jabar nanti, Kang Emil berjanji akan membuat Perda Pesantren. Menurut dia, manfaatnya, jika ada perda ini, pesantren, kyai, santri tidak perlu pakai proposal untuk mendapat bantuan. Selain itu, setiap pesantren akan dibantu untuk membuat produk yang bernilai ekonomis. "Pesantren tinggal menyiapkan lahan, dan apa yang mau dibuat, nanti kita (pemerintah) yang akan membantu pemasarannya, " ujarnya.

Di Kota Bandung sendiri, Ridwan Kamil sebagai wali kota sudah banyak program yang dilandasi dengan semangat dan nilai iman dan taqwa. Yaitu, program magrib mengaji, salat subuh berjamaah, zakat PNS via handphone dan kredit Mesra.

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Mauritz, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Cirebon dan sekitarnya.

Ikuti berita-berita menarik dari Cirebon dalam artikel: Adu Panco, Kang Emil Tumbangkan Dua Jawara Jebor

#Ridwan Kamil #Pilgub Jabar #Gubernur Jawa Barat #Pondok Pesantren
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan