Para Intelijen TNI Berkumpul Tingkatkan Kemampuan Tangkal Radikalisme Ilustrasi.(MerahPutih.com/Thomas Kukuh)

Merahputih.com - Kodam I/Bukit Barisan bekerjasama dengan Badan Intelijen Strategis (BAIS)TNI menggelar kegiatan Mobile Training Team (MTT) Intel Teritorial (Intelter) Bais TNI TA 2017. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperkuat deteksi dini dan cegah dini terhadap ancaman NKRI.

Kegiatan ini dibuka oleh Kasdam I/Bukit Barisan Brigjen TNI Tiopan Aritonang, di Aula Serba Guna Puskopkar A Bukit Barisan Jalan Kapten A. Manaf Lubis Gaperta Medan, Kamis (10/8).

Dalam sambutan Tiopan, menyampaikan tujuan dari kegiatan ini adalah menambah dan memperdalam pemahaman tentang tugas serta tanggung jawab seorang intelijen dan aparat teritorial. Terutama dalam menyikapi perkembangan situasi yang semakin dinamis.

Tiopan lantas membeberkan bahwa salah satu ancaman bagi kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara antaranya adalah gerakan kelompok radikal. Nah, diharapkan kegiatan MTT Intel Teritorial (Intelter) Bais TNI ini bisa meningkatkan kemampuan aparat Intelijen dan aparat Teritorial TNI dalam mendeteksi berbagai bentuk perkembangan yang ada di wilayah.

Jumlah peserta penataran MTT sebanyak 100 orang terdiri dari unsur TNI-AD, TNI-AL dan TNI-AU.

Pada kesempatan yang sama, dalam sambutan Dansatinteltek Bais TNI Brigjen TNI Hendrawan menegaskan kegiatan, ini merupakan kelanjutan dari Mobile Training Team (MTT) Tahun 2016 yang diselenggarakan oleh Mabes TNI.

“Kegiatan MTT ini mengandung makna, bahwa sangat diperlukan kembali Intelijen Community dan diimplementasikan dalam koordinasi yang nyata di lapangan, keterbukaan informasi dari satuan paling bawah sampai satuan yang tertinggi,” ujar Hendrawan.

Pimpinan TNI memiliki komitmen yang kuat dalam rangka mewujudkan interoperabilitas satuan TNI dan pihak lain yang berkaitan kegiatan ini, termasuk yang berhubungan dengan tugas-tugas Intelijen dan teritorial. (*)


Tags Artikel Ini

Thomas Kukuh

YOU MAY ALSO LIKE