Papua Promosikan Batik Cenderawasih dalam Lomba Busana Muslim Sekretaris Kabinet Pramono Anung (kiri) didampingi Kolektor Batik Indonesia Quoriena Ginting (kedua kiri) melihat koleksi batik (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

MerahPutih.Com - Batik khas Papua jarang terekspos kepada publik dan para penggemar fesyen etnik. Dalam Padahal dari segi motif dan nilai estetikanya batik khas bumi Cenderawasih itu tidak kalah dengan sejumlah batik daerah lain di Tanah Air.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mempromosikan batik khas Bumi Cenderawasih melalui lomba kreasi busana Muslim yang digelar dalam rangka perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta.

Kepala Kantor Penghubung Provinsi Papua Alexander Kapisa, dalam siaran persnya kepada Antara di Jayapura, Senin (4/12), mengatakan kegiatan lomba kreasi busana Muslim menggunakan batik ini merupakan rangkaian promosi kesenian Bumi Cenderawasih yang telah lama direncanakan.

"Kami akan terus melakukan kegiatan promosi Papua, tidak hanya dari hasil kreasi seni batik saja tapi juga promosi-promosi lainnya, seperti tari-tarian, wisata, ukiran-ukiran asmat dan juga informasi keberhasilan pembangunan di Bumi Cenderawasih," katanya.

Menurut Alexander, promosi ini penting, agar masyarakat luas dapat melihat Papua dari sisi yang lain, tidak hanya mendengar Papua dalam hal konflik sosial dan politik.

"Banyak yang telah dan sedang dikembangkan dan dibangun di Papua, hal ini penting untuk kami sampaikan ke publik," ujarnya.

Senada dengan Alexander Kapisa, Sergius Wabiser Ketua Panitia Lomba mengatakan lomba ini diikuti oleh 37 peserta yang melakukan kreasi batik Papua menjadi busana Muslim, baik untuk anak-anak, remaja maupun dewasa.

"Kami sangat senang dengan suksesnya pelaksanaan lomba ini, karena ini baru pertama kali dilaksanakan di mana tidak menyangka bahwa lomba ini akan diminati dan mendapat banyak apresiasi dari masyarakat," katanya.

Sergius menambahkan mudah-mudahan, kegiatan ini dapat dijadikan kalender kegiatan tahunan pihaknya sehingga masyarakat luas juga akan semakin semangat melakukan kreasi batik Papua menjadi busana muslim atau dalam bentuk busana lainnya.(*)



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH