Papua Kirim 216 Pramuka Ikuti Raimuna Nasional ke-11 Peserta Raimuna Nasional XI asal Papua Barat menaiki kapal di dermaga Pelabuhan laut Kota Sorong, Papua Barat, Senin (7/8).(ANTARA FOTO/Olha Mulalinda)

MerahPutih.Com - Para anggota Pramuka dari Papua tak mau ketinggalan Raimuna Nasional ke-11. Sekitar 216 Pramuka akan bergabung bersama peserta lain dari Indonesia di Cibubur.

Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Wilayah Provinsi Papua Barat mengutus 216 anggota untuk mengikuti Raimuna Nasional ke-11 yang digelar di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur pada 13-21 Agustus 2017.

Ketua Kwarda Gerakan Pramuka wilayah Papua Barat M.l Rumadas di Sorong, Senin, (7/8) mengatakan peserta yang diberangkatkan mewakili Papua Barat mengikuti Raimuna Nasional (Rainas) adalah sembilan Kwartir Cabang yakni Kabupaten Sorong sebanyak 24 orang, Kota Sorong sebanyak 24 orang dan Kabupaten Sorong Selatan sebanyak 24 orang.

Berikutnya, Kabupaten Manokwari sebanyak 24 orang, Kabupaten Kaimana sebanyak 24 orang, Kabupaten Wondama sebanyak 24 orang, Maybrat sebanyak 24 orang, Kabupaten Raja Ampat sebanyak 24 orang, Kabupaten Fakfak sebanyak 12 orang ditambah 12 orang Staf Pinkonda yang totalnya 216 orang.

Dia mengatakan, ada empat Kwarcab yang tidak mengirimkan utusannya yakni Kwarcab Kabupaten Bintuni, Kabupaten Manokwari Selatan, Kabupaten Tambrauw dan Kabupaten Pegunungan Arfak.

Menurut Rumadas, peserta yang diutus oleh Kwartir Cabang sembilan daerah mewakili Papua Barat pada Raina adalah anggota pramuka yang dinyatakan lolos seleksi.

"Peserta Raimuna tersebut telah dibekali dengan materi terkait Raimuna serta dilatih untuk disiplin terlebih khusus baris-berbaris oleh masing-masing Kwarcab," ujarnya.

Selain itu, kata dia, peserta Raimuna juga dibina untuk kompak dan bekerjasama dengan baik karena mereka berasal dari daerah yang berbeda yang harus disamakan pemahamannya.

Rumadas menyampaikan, belakangan ini minat anak muda di Papua Barat untuk mengikuti kegiatan pramuka sangat minim.

"Kami berharap peserta setelah mengikuti Raimuna dapat bercerita, membagikan pengalaman kepada anak muda di Papua Barat sehingga minat anak muda mengikuti Pramuka semakin banyak," ungkap dia.(*)

Sumber: ANTARA



Eddy Flo

YOU MAY ALSO LIKE