Papua dan Papua Barat Jangan Sampai Lepas Karena Ditangani Secara Amatiran Amien Rais. (Foto: antaranews)

Merahputih.com - Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais mendesak Pemerintah bekerja secara profesional agar konflik yang terjadi di Provinsi Papua dan Papua Barat bisa segera terselesaikan.

"Jangan pernah kita biarkan saudara-saudaraku, Papua dan Papua Barat lepas karena ditangani secara amatiran," ujar Amien di Jakarta, Selasa (3/9).

Baca Juga

Menteri PUPR: Ibu Kota Baru Berkonsep City of the Forest

Karena, ia memperkirakan akan muncul efek domino yang besar apabila Provinsi Papua dan Papua Barat lepas dari kedaulatan Negara Republik Indonesia.

"Saya khawatir, mudah-mudahan tidak terjadi. Kalau sampai lepas, kira-kira lho, ada efek domino yang luar biasa," ucap Amien.

Amien Rais. (Foto: antaranews)

Efek domino yang dimaksud Amien, sebagaimana dikutip Antara, adalah potensi lepasnya wilayah-wilayah lain di Indonesia, seperti Aceh.

Mantan Ketua MPR itu juga meminta agar tidak ada lagi pihak-pihak yang melontarkan pernyataan bersifat menghina terhadap masyarakat Papua.

Baca Juga

Peletakan Batu Pertama Jalanan Ibu Kota Baru Dilakukan Tahun Depan

Amien berharap Presiden Joko Widodo dapat segera melakukan langkah-langkah strategis supaya konflik yang terjadi di Bumi Cenderawasih tidak berlarut-larut.

"Karena itu kita punya husnuzan apa pun ya, mudah-mudahan Mas Jokowi ini bisa berhasil. Tapi kalau tidak, itu takdir Allah," tutup Amien. (*)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH