Papua Barat Daya Resmi jadi Provinsi ke-38

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 09 Desember 2022
Papua Barat Daya Resmi jadi Provinsi ke-38
Mendagri Tito Karnavian melantik Penjabat Gubernur Papua Barat Daya Muhammad Musa'ad, di Jakarta Jumat (9/12/2022). ANTARA/Boyke Ledy Watra

MerahPutih.com - Pemerintah resmi mengundangkan Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2022 tentang Provinsi Papua Barat Daya. Dengan demikian, Papua Barat Daya menjadi provinsi ke-38 di Indonesia.

"Saya Menteri Dalam Negeri atas nama presiden Indonesia dengan ini meresmikan provinsi Papua Barat Daya berdasarkan UU nomor 29 tahun 2022, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa meridai kita semua," kata Menteri Dalam Negari (Mendagri) Tito Karnavian di Jakarta, Jumat (9/12).

Baca Juga

Perppu Pemilu Diterbitkan Setelah Mendagri Tito Lantik Penjabat Papua Barat Daya

Setelah itu, Mendagri Tito melanjutkan pelantikan Penjabat Gubernur Papua Barat Daya, Muhammad Musa’ad. Sebelumnya, Musa'ad menjabat Asisten Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekda Provinsi Papua.

Provinsi Papua Barat Daya memang secara resmi telah disahkan lewat Undang-undang. Provinsi baru di Papua ini disahkan dalam rapat paripurna DPR RI pada hari ini Kamis, 17 November 2022.

Cakupan wilayah dan batas daerah Provinsi Papua Barat Daya telah diatur sebagaimana dalam RUU Pemekaran Papua Barat Daya yang kemudian menjadi UU.

Baca Juga

DPR Sahkan RUU Provinsi Papua Barat Daya Jadi UU, Jumlah Provinsi Jadi 38

Provinsi Papua Barat Daya dengan Ibu Kota di Kota Sorong ini mencakup enam wilayah dan memiliki batasan daerah sebagai berikut.

-Kabupaten Sorong

-Kabupaten Sorong Selatan

-Kabupaten Raja Ampat

-Kabupaten Tambrauw

-Kabupaten Maybrat

-Kota Sorong (ibu kota)

Sebelumnya, pemerintah melalui Kemendagri juga meresmikan tiga provinsi sekaligus melantik Pj gurbenur di DOB Papua.

Adapun ketiganya ialah Pj Gubernur Papua Selatan, Apolo Safanpo, Pj Gubernur Papua Pegunungan Nikolaus Kondomo, dan Pj Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk. (Knu)

Baca Juga

ASN di 3 Provinsi Baru Bakal Diisi 80 Persen Orang Asli Papua

#Breaking #Pemilu 2024 #Mendagri #Papua
Bagikan
Bagikan