Papua Barat Catatkan Tambahan 210 Kasus Positif COVID-19

Zulfikar SyZulfikar Sy - Kamis, 08 Oktober 2020
Papua Barat Catatkan Tambahan 210 Kasus Positif COVID-19
Juru Bicara Satgas COVID-19 Papua Barat, dr Arnoldus Tiniap (Antara/Toyiban)

MerahPutih.com - Pemerintah Provinsi Papua Barat mencatat tambahan 210 kasus konfirmasi positif COVID-19. Saat ini total kasus mencapai 2.754 orang.

"Hari ini Papua Barat ada tambahan cukup signifikan yakni 210 kasus baru," ucap Juru Bicara Pemprov Papua Barat pada Penanganan COVID-19, Arnoldus Tiniap di Manokwari, Kamis (8/10), dikutip Antara.

Ia menyebutkan Kota Sorong melaporkan tambahan 114 kasus baru, Kabupaten Sorong 46, Manokwari 38, Kaimana enam, Manokwari Selatan tiga, Sorong Selatan dua dan Maybrat satu orang.

Baca Juga:

103 Warga di Papua Meninggal akibat Terpapar COVID-19

Secara akumulatif, sebut Tiniap, warga yang terpapar COVID-19 di Papua Barat saat ini sudah mencapai 2.754 orang. Dari jumlah itu, 1.393 berhasil sembuh, 39 orang meninggal dunia dan sisanya masih menjalani isolasi rumah sakit dan mandiri.

"Untuk pasien sembuh, hari ini ada penambahan tujuh orang. Itu dari Kabupaten Sorong empat, Kota Sorong dua dan Manokwari satu orang," sebut Arnold lagi.

Ilustrasi - Suasana pemakaman pasien meninggal akibat COVID-19 di Buper, Waena, Abepura, Kota Jayapura (ANTARA/HO-Dokumen UP2KP)
Ilustrasi - Suasana pemakaman pasien meninggal akibat COVID-19 di Buper, Waena, Abepura, Kota Jayapura (ANTARA/HO-Dokumen UP2KP)

Ia mengemukakan bahwa sejak pertengahan Agustus hingga saat ini, grafik temuan kasus baru cenderung naik di Papua Barat. Klaster baru pun bermunculan di sejumlah daerah.

"Ini adalah 'warning' untuk kita semua, kewaspadaan harus ditingkatkan. Tanaga kesehatan sudah banyak yang tertular, begitu juga ASN (aparatur sipil negara) bahkan anggota TNI dan Polri. COVID-19 ini siapa pun bisa kena, ancamannya nyata," katanya.

Arnold menyebutkan, dari 13 daerah di Papua Barat, tersisa Pegunungan Arfak yang belum melaporkan temuan kasus COVID-19. Kota Sorong memiliki temuan kasus paling tinggi.

Baca Juga:

Mahfud Tegaskan Kebersatuan Papua dengan NKRI Sudah Final


Sesuai laporan Satgas COVID-19 Papua Barat, di Kota Sorong saat ini tercatat sebanyak 1.164 kasus, Teluk Bintuni 549, Manokwari 478, Kabupaten Sorong 209, Raja Ampat 149,Sorong Selatan 77, Teluk Wondama 50, Fakfak 47, Manokwari Selatan 15, Kaimana 11, Maybrat tiga dan Tambrauw dua kasus.

"Kabupaten Maybrat sempat kembali ke zona kuning namun hari ini kembali ke zona merah. Di Papua Barat tersisa Pegunungan Arfak yang masih hijau," katanya. (*)

Baca Juga:

Niat Balikin Dana Beasiswa Veronica Koman ke Gedung LPDP, Sejumlah Warga Papua 'Gigit Jari'

#Virus Corona #Papua Barat
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan