Pantau Pintu Air Manggarai, Anies: Hingga Sore 236 RW Masih Terendam Banjir Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan keterangan terkait perkembangan banjir Jakarta kepada awak media, Selasa (25/2) (MP/Asropih)

MerahPutih.Com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengkalim bahwa banjir Jakarta sudah mulai surut. Terlihat dari data yang ia terima bahwa jumlah Rukun Warga (RW) yang terendam banjir saat ini sebanyak 236 RW dari sebelumnya ada 294 RW.

"Tadi pagi jumlah RW yang tergenang ada 294, sore ini masih ada 236 yang tergenang," kata Anies di Pintu Air Manggarai, Jakarta Pusat, Selasa (25/2).

Baca Juga:

Polisi Tangkap Seorang Pelaku Penyerangan AEON Mall Jakarta Timur

Begitu juga Pintu Air Manggarai, kata Anies, hingga sore hari ketinggian air di lokasi tersebut sudah turun. Pagi tadi ketinggian volume air mencapai 965 centimeter (cm) atau status siaga 1, tapi sekarang ini sudah 850 cm atau siaga 3.

Menurut Anies banjir Jakarta sudah mulai surut dan beberapa RW masih terendam banjir
Menurut Anies, hingga Selasa (25/2) sore tinggal 236 RW di Jakarta yang terendam banjir (MP/Asropih)

"Sore ini sudah turun hingga 850. Ini tanda positif alhamdulillah," papar dia.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini pun mengungkapkan, bahwa pada hari-hari normal biasanya ketinggian air di Pintu Air Manggarai hanya mencapai 600 cm, tapi pagi ini volume airnya cukup tinggi sekitar 965 cm.

Mengingat saat ini Jakarta memasuki musim penghujan hingga bulan Maret 2020 mendatang.

"Pada musim hujan normalnya di sini adalah 600 cm, sehingga ada kenaikan 3,6 meter ketinggian permukan air," jelas dia.

Baca Juga:

RSCM Kembali Kebanjiran di Ruang Operasi dan Radiologi

Disamping itu juga, lanjut Anies, sebanyak 72 ruas jalan di Jakarta masih tergenang banjir. Sehingga pengguna kendaraan tak bis melewati. Ketinggian genangan airnya pun lebih dari 30 cm.

"Lalu kemudian ruas jalan jakarta itu 1522, ada 72 ruas jalan yang masih tergenang, artinya permukaan airnya di atas 30 cm, artinya tidak bisa dilewati," pungkasnya.(Asp)

Baca Juga:

Bukan Dijarah, AEON Mall Cakung Dirusak Warga karena Dituduh Pemicu Banjir

Kredit : asropih


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH