Pantau Arus Mudik Di Stasiun Gambir, Wakapolri: Kondisi Aman Terkendali Wakapolri Komjen Pol Syafruddin memantau arus mudik lebaran 2018 di Stasiun KA Gambir Jakarta Pusat, Senin (11/6). Foto: MP/Fadhli

MerahPutih.com - Wakapolri Komjen Pol Syafruddin memantau arus mudik lebaran 2018 di Stasiun KA Gambir Jakarta Pusat, Senin (11/6). Saat memantau, Wakapolri menyempatkan diri bertegur sapa dengan sejumlah pemudik yang akan menggunakan moda transportasi KA ini.

Dalam keterangannya kepada awak media, Wakapolri mengaku secara keseluruhan hingga saat ini arus mudik berjalan aman terkendali.

"Sekarang ini, sampai sekarang ini kita monitor ini cukup bagus karena jalan-jalan tolnya juga sudah sampai Semarang dan akses keluar jugas sudah. Walaupun masih ada 100 km itu jalan fungsional tapi sudah bisa dimanfaatkan jadi bisa mengurai semua arus," kata Wakapolri Komjen Pol Syafruddin.

Calon penumpang kereta api melewati pintu pemeriksaan identitas di Stasiun Gambir, Jakarta, Minggu (3/6). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Selain itu, dia menuturkan, peningkatan infrastruktur arus mudik juga dibarengi dengan semakin nyamannya moda transportasi umum bagi pemudik.

"Alhamdulillah, transportasi publik sudah cukup sangat memadai sekarang ini dibanding dengan tahun lalu," ujarnya.

Seperti halnya Stasiun Gambir yang mampu memberikan kenyamanan bagi pemudik meskipun jumlahnya meningkat manakala musim lebaran tiba.

Calon penumpang kereta api memasuki Stasiun Gambir, Jakarta, Minggu (3/6).. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

"Ini cukup tertib saya sudah cek ini. Gambir saya rasa paling tertib. Tadi dijelaskan kalau hari biasa itu 7 ribu, weekendnya 7 ribu. Tapi ini (mudik) lonjakan 20 ribu jadi tiga kali lipat aja. Tapi semua fasilitas bisa tampung," turut Syafruddin.

Terkait kondisi keamanan, Polri mengimbau agar masyarakat tidak perlu khawatir, polri akan berusaha memaksimalkan seluruh kemampuan dalam mengantisipasi kejahatan selama arus mudik.

"Semua seluruh Indonesia 300 ribu personel untuk pengaman arus mudik lebaran seluruh indonesia. Masyarakat gak usah khawatir pokoknya diamankan, Harus aman," tandasnya. (Fad)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH