Pantangan yang Kerap Dilanggar Saat Berpuasa Pantangan bukan hanya makan dan minum tapi juga untuk kesehatan. (Foto: highsnobiety)

SAAT menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan, setiap orang tentu memiliki kesulitannya masing-masing. Misalnya saja setelah beberapa hari puasa, beberapa penyakit seperti maag, asam lambung atau sembelit terkadang menyerang. Hal itu wajar, karena tubuh anda masih belum secara utuh menyesuaikan diri dengan jadwal makan yang berubah.

Selain itu, mungkin kebanyakan dari kamu belum paham bagaimana cara berpuasa yang menyehatkan di bulan suci Ramadan ini. Karena ketidak tahuan itu, kamu pun dikontrol oleh rasa lemas dan lapar seharian. Kemudian secara sembarangan melakukan beberapa hal yang justru mengganggu kesehatan.

Pantangan berpuasa bukan hanya soal makan, minum dan menahan hawa nafsu saja. Pantangan ini bila dijalankan akan memberikan nilai kesehatan pada tubuh kamu.

Tapi kamu jangan takut, Go-Dok memberikan tips untuk menjalankan puasa yang menyehatkan, namun harus pantang kebiasaan yang tak sadar dilakukan saat berpuasa di bawah ini.


1. Jangan Melewatkan Sahur


Kebiasaan melewatkan sahur paling sering dilakukan. Khususnya oleh mahasiswa yang merantau atau kos dan juga pekerja kantoran. Apalagi jika kamu tak biasa melakukan ibadah shalat subuh.

Bangun terlalu pagi memang salah satu hal yang sangat berat, tapi jika di bulan Ramadan, mereka yang berpuasa wajib melakukannya untuk santap sahur. Namun jika tidak sempat untuk sahur itu berarti kamu akan mengosongkan perut hampir selama kurang lebih 20 jam. Itu berarti kamu akan kehilangan nutrsi, protein dan cairan yang dibutuhkan tubuh seharian. Hal itulah yang menyebabkan kamu merasa jauh lebih lemas saat berpuasa dengan melewatkan sahur. Jadi sebaiknya jangan sampai melewatkan sahur.

tidur
Tidak dianjurkan tidur sehabis sahur. (Foto: Pixabay/xiangying_xu)


2. Tidur Usai Sahur


Kebiasaan selanjutnya yang pantang dilakukan ketika berpuasa adalah tidur setelah sahur. Tak dipungkiri memang setelah selesai makan sahur, tubuh kita biasanya akan menjadi hangat dan timbul rasa kantuk. Tapi usahakan jangan sampai tertidur setelah makan. Karena tidur setelah sahur dapat menyebabkan naiknya asam lambung, bahkan hingga ke tenggorokan yang disebut GERD (Gastroesophageal REflux Disease). Karena itu, lakukanlah aktivitas lainnya usai sahur dengan memberikan jeda minimal 2 jam sebelum kamu kembali tidur.


3. Olahraga di Siang Hari


Kebiasaan yang pantang dilakukan ketiga yaitu olahraga di siang hari. Memang terlihat seperti seorang jagoan jika kamu melakukan kegiatan yang menguras fisik disiang hari saat berpuasa. Tapi resikonya adalah kamu akan kekurangan cairan dan kehilangan energi terlalu cepat. Jadi sebaiknya kamu menghindari kebiasaan yang satu ini.

olahraga
Olahraga baik tapi jangan berolahraga di siang hari selagi berpuasa. (Foto: nbc)


4. Konsumsi Garam Berlebih Saat Sahur


Jika anda merasa sayur atau makanan sahur kamu kurang sedap tanpa garam. Sebaiknya mengganti bumbu penyedap dengan rempah-rempah seperti halnya bawang, kayu manis, ketumbar ataupun pala. Dalam hal ini kamu boleh menggunakan garam, namun khusus untuk makanan sahur kamu bubuhkan sedikit saja. Mengapa demikian? Karena garam dapat menyerap cairan tubuh lebih cepat serta memicu dehidrasi dan hipertensi.


5. Terlalu Banyak Tidur


Rasa kantuk memang kerap menghinggapi orang yang tengah berpuasa. Mencegahnya pun merupakan hal sang sulit, sejatinya dengan beristirahat sejenak. Tapi jika tidur berlebihan juga tak baik bagi orang yang tengah berpuasa. Karena saat tidur tubuh kamu menyerap lebih banyak kalori dan carian hingga kamu lebih cepat dehidrasi. Solusinya carilah aktivitas lainnya seperti membaca, menonton TV ataupun membantu menyiapkan menu berbuka puasa.


6. Balas Dendam Saat Berbuka Puasa


Kebiasaan ini mungkin banyak orang yang tak sadar melakukannya. Kantaran sudah 12 jam perut tak terisi apapun, menjeang berbuka puasa pun langsung lapar mata. Hampir semua makanan yang dijual di jalan dibeli sekaligus. Dengan asumsi langsung dimakan semua saat berbuka demi menghilangkan rasa lapar. Hal itu tentu tak baik dilakukan, karena kelebihan karbohidrat dan hal lain dari makanan justru dapat menyebabkan anda diare dan muntah pada akhirnya.

makan
Jangan makan terburu-buru saat berbuka. (Foto: Pixabay/zuzi99)


7. Makan Terburu-buru


Ketika berbuka puasa, kamu tak boleh makan terburu-buru. Karena tubuh kamu memerlukan energi juga untuk mencerna semua makanan yang masuk ke tubuh. Bahayanya, jika makanan dengan cepat atau buru-buru akan membuat asam lambung cepat naik, perut begah serta gangguan penceraan. Jadi sebaiknya kamu mengunyah makanan lebih dari 30 kali sebelum akhirnya menelannya, guna mempermudah kerja penceranaan.


8. Berbuka dengan Gorengan


Beberapa kebiasaan banyak orang khususnya di Indonesia adalah berbuka puasa dengan gorengan. Gorengan mengandung kolestrol dan juga kadar lemak yang cukup tinggi. Jika kamu mengonsumsinya dapat membuat tenggorokan dan bibir kamu menderita peradangan usai tak berikan cairan apapun seharian. Selain itu makanan yang memiliki kandungan lemak yang tinggi juga dapat membuat sistem penceraan kita harus bekerja lebih keras dan juga riskan menimbulkan masalah. Karena itu sebaiknya kamu membatasi konsumsi gorengan saat berbuka yah guys. (ryn)

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH