Kesehatan

Pantangan Setelah Operasi Caesar

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Kamis, 18 November 2021
Pantangan Setelah Operasi Caesar
Caesar merupakan alternatif melahirkan yang baik. (Foto: Unsplash/Alicia Petresc)

SUDAH punya keputusan matang untuk melahirkan secara normal dan tidak pernah mangkir dari perintah dokter, tidak bisa menjamin proses persalinanmu akan sesuai dengan rencana awal. Dokter bisa saja menyarankan untuk melakukan operasi caesar menjelang hari perkiraan lahir (HPL), ketika posisi anak dalam perut atau kesehatan ibu dinyatakan berisiko untuk melakukan persalinan normal.

Bahkan di tengah proses persalinan normal, dokter bisa mengambil tindakan emergency caesar jika nyawa ibu dan anak terancam. Mengutip laman americanpregnancy, melahirkan merupakan peristiwa mengharukan sekaligus luar biasa bagi keluarga yang menantikan kehadiran anak.

Seorang ibu harus mempertaruhkan nyawanya sendiri dalam proses melahirkan sang buah hati. Tentunya proses persalinan akan mengikuti kondisi ibu dan jabang bayi. Jika akhirnya terpaksa harus melakukan persalinan caesar, ibu tidak bisa langsung melakukan kegiatan yang berisiko membuat jaitan terbuka kembali.

Baca juga:

Beberapa Tips Sebelum Kamu Berpergian Usai Operasi Caesar

1. Berenang dan berendam

Pantangan Setelah Operasi Caesar
Pastikan luka operasi tetap dalam kondisi kering. (Foto: Pixabay/nahidhatamiz)

Proses penyembuhan luka operasi caesar berbeda-beda pada tiap orang. Tapi umumnya luka operasi caesar akan sembuh dalam kurun waktu enam minggu.

Sebelum itu, kamu tentunya harus menghindari aktivitas yang akan membuat sekitar luka operasi lembap, seperti berenang dan berendam. Hal ini dilakukan untuk memastikan luka operasi selalu dalam kondisi kering dan steril agar terbebas dari kuman.

2. Naik turun tangga

Pantangan Setelah Operasi Caesar
Hindari memberkan tekanan pada area perut selama enam minggu. (Foto: Pixabay/BeJan)

Ada tujuh lapisan area abdomen yang perlu disayat ketika melakukan operasi caesar. Tentu saja tubuh membutuhkan waktu yang cukup lama untuk sembuh secara total dan bekerja dengan optimal seperti biasa.

Hindari melakukan kegiatan yang akan memberikan tekanan terhadap luka operasi seperti naik turun tangga. Kamu harus benar-benar membiarkan perut dalam posisi normal selama enam minggu.

Baca juga:

Penyebab Emergency Caesar

3. Posisi seks ekstrem

Pantangan Setelah Operasi Caesar
Jangan melakukan posisi seks yang ekstrem. (Foto: Pixabay/chermitove)

Meskipun melahirkan dengan cara operasi caesar, bukan berarti tidak boleh melakukan hubungan intim dengan suami sampai bertahun-tahun. Berhubungan seks diperbolehkan, dengan syarat menghindari posisi-posisi ekstrem yang berisiko meregangkan bekas jaitan operasi.

4. Olahraga

Pantangan Setelah Operasi Caesar
Hentikan kegiatan olahraga selama beberapa waktu. (Foto: Pixabay/ichigo121212)

Melahirkan secara caesar memang membutuhkan waktu lebih lama dalam proses penyembuhan dibanding dengan melahirkan secara normal. Lapisan-lapisan di dalam perut serta jaringan otot yang terkoyak akibat pisau operasi, tidak bisa menyatu kembali dalam waktu semalam.

Karenanya, sang ibu perlu menghindari kegiatan olahraga selama beberapa waktu. Karena ini akan memperlambat proses penyembuhan. (Mar)

Baca juga:

Gagal Jadi Ibu Karena Operasi Caesar, Benarkah?

#Pasca Melahirkan #Kesehatan #Resiko Kehamilan
Bagikan
Ditulis Oleh

Maria Theresia

Your limitation -- it's only your imagination.
Bagikan