Pantang Minum Air Kelapa Jika Kamu Mengidap 3 Kondisi ini!

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Rabu, 06 Maret 2019
Pantang Minum Air Kelapa Jika Kamu Mengidap 3 Kondisi ini!
Minum air kelapa bisa berbahaya jika kondisi kesehatan tertentu ada padamu (Foto: Pixabay/Paulwaqakalou)

TIDAK hanya memiliki rasa yang enak, menyegarkan dan sehat. Air kelapa dikenal sebagai minuman terbaik untuk mengatasi dehidrasi. Hal ini disebabkan karena tingginya kandungan elektrolit, klorida , magnesium dan protein di dalamnya.

Sebagai negara yang terkenal dengan iklim tropis, kebiasaan meminum air kelapa di Indonesia cukup populer. Apalagi jika kamu sedang berlibur ke pantai, rasanya kurang afdol apabila tidak meminum air kelapa.

Meski air kelapa terkenal dengan berbagai manfaat, salah satunya untuk proses diet, tetapi kenyataannya air kelapa juga memiliki kerugian terhadap tubuh lo.

Menurut pakar kesehatan, tidak semua orang dibolehkan untuk meminum air kelapa. Untuk beberapa kondisi, mengkonsumsi air kelapa harus kamu hindari. Jika mengidap tiga kondisi yang disebutkan di bawah ini, sebaiknya kamu jangan minum air kelapa.

1. Diabetes

Pantang Minum Air Kelapa Jika Kamu Mengidap 3 Kondisi ini!
Lebih baik untuk minum air mineral untuk pengidap diabetes (Foto: Moffit Cancer Centre)


Kenapa sih pengidap diabetes tidak disarankan untuk minum air kelapa? Seperti yang kita ketahui, air kelapa merupakan minuman yang manis sehingga mengandung cukup banyak gula.

Selain itu, kandungan karbohidrat dan kalorinya dapat meningkatkan gula darah. Nah, karena itulah mengapa penderita diabetes sangat disarankan untuk tidak minum air kelapa, terutama air kelapa yang dalam bentuk kemasan.

2. Gangguan ginjal

Pantang Minum Air Kelapa Jika Kamu Mengidap 3 Kondisi ini!
Saat ginjalmu bermasalah, hindari minum air kelapa (Foto: Everyday Health)


Kamu harus tahu bahwa air kelapa mengandung elektrolit dan kalium yang cukup tinggi. Buat penderita gangguan ginjal, jika ia mengkonsumsi air kelapa akan mempersulit dalam proses sekresi. Jika dihiraukan, kemungkinan buruk seperti komplikasi penyakit lainnya sampai dapat membahayakan jantung.

3. Iritasi usus

Pantang Minum Air Kelapa Jika Kamu Mengidap 3 Kondisi ini!
Lebih baik hindari air kelapa jika ususmu bermasalah (Foto: Healthline)


Kondisi yang terakhir adalah iritasi usus. Air kelapa merupakan minuman alami yang dapat menginduksi gerakan usus. Namun bagi penderita iritasi usus sangat tidak di sarankan untuk mengkonsumsi air kelapa berlebihan karena dapat menyebabkan diare. (gsh)

#Tips Kesehatan #Manfaat Air Kelapa #Penyakit Diabetes #Ginjal
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan