Pantai Temajuk, Wisata Kelas Dunia yang Asing di Telinga Traveler Pantai Temajuk yang masih perawan. (Foto: instagram@restunda)

BUKAN cuma wisata pegunungan saja, Kalimantan Barat juga memiliki panorama pantai yang cantik. Salah satunya Pantai Temajuk yang berada di ujung utara bagian barat Kalimantan. Secara administratif pantai ini berada di Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas.

Bagi traveler, Pantai Temajuk memang terdengar asing namun bagi yang sudah pernah datang ke tempat tersebut dijamin akan kembali lagi ke sana meskipun hanya sekali. Setiap harinya Pantai Temajuk tak pernah sepi pengunjung, baik dari wisatawan lokal maupun negara tetangga, Malaysia.

Hal yang cukup menarik dari Pantai Temajuk adalah letaknya yang tak jauh dari Malaysia. Temajuk sangat dengan Telok Melano yakni hanya sekitar 4 kilometer saja. Sehingga tak heran kalau tempat ini kerap dikunjungi wisatawan dari negara tetangga.

1. Pantai Temajuk masih perawan dengan keindahan yang luar biasa

Pantai Temajuk saat surut (Instagram/nazarudin_23)
Pantai Temajuk saat surut (Foto: instagram@nazarudin_23)

Kurang populernya pantai ini menjadikan Temajuk hanya dikunjungi orang yang ada di sekitarnya saja. Tapi, karena hal itu juga Pantai Temajuk masih terbilang perawan dan belum banyak dirusak oleh tangan-tangan jahil.

Pantai Temajuk seakan menjadi tetesan surga yang ada di ujung Kalimantan Barat. Ketika pertama menginjakan kaki ke tempat ini, kita akan disajikan dengan pemandangan pasir putih kecokelatan. Temajuk memang punya garis pantai yang panjang yakni sekitar 60 kilometer.

Gugusan bebatuan granit yang muncul di sekitar pantai semakin menambah keeksotisannya. Bebatuan yang menawan tersebut terhampar hingga Tanjung Datung, perbatasan antara Indonesia dan Negeri Jiran.

2. Beda waktu beda pula hal yang bisa dinikmati

Tukuk yang dilepaskan di Pantai Temajuk (Instagram/destriadi_yunas_jumasani)
Tukuk yang dilepaskan di Pantai Temajuk (Foto: instagram@destriadi_yunas_jumasani)

Hal menarik lainnya dari pantai ini adalah kehadiran hewan langka penyu yang bertelur di sana. Para penyu tersebut datang pada malam hari ke Pantai Temajuk untuk bertelur. Musim bertelur para penyu berkisar antara bulan Juni Hingga september.

Bagi yang doyan berselanjar, mungkin bisa datang ke Temajuk pada bulan Oktober hingga Februari. Karena pada periode tersebut angin yang berhembus di sana cukup kencang dan tinggi gelombang bisa mencapai 2 meter, bahkan lebih.

Beda lagi kalau kamu datang di bulan Maret hingga April. Saat itu kamu bisa melihat bagaimana masyarakat Temajuk melakukan aktivitas panen ubur-ubur. Biasanya pada musim itu ubur-ubur akan memenuhi wilayah sekitar pantai.

Bagi masyarakat di sana, hewan tanpa tulang belakang ini memang punya nilai ekonomis tinggi. Selain menjadi bahan makanan, ubur-ubur juga diekspor untuk bahan baku kosmetik ke beberapa negara di Asia.

3. Akses dan akomodasi Pantai Temajuk

Pantai Temajuk punya banyak penginapan (Instagram/camarbulanresort)
Pantai Temajuk punya banyak penginapan (Foto: instagram@camarbulanresort)

Jika ingin pergi ke Pantai Temajuk dari Kota Pontianak maka jarak tempuhnya sekitar 8 jam lebih. Karena waktu yang ditempuh sangat lama disarankan untuk beristirahat dulu di Kota Sambas kemudian melanjutkan lagi perjalanan keesokan harinya.

Sementara jika kamu berangkat dari Kota Singkawang, maka jarak yang ditempuh lebih dekat yakni sekitar 5 jam perjalanan. Nantinya kamu akan menyeberang sungai menggunakan kapal feri tujuan Teluk Kalong. Tarif naik kapal feri yakni Rp 5ribu untuk motor dan Rp35 ribu untuk mobil.

Sesampainya di pantai kamu tak perlu kebingungan mencari penginapan. Di sana terdapat banyak homestay yang bisa disewa. Posisi penginapan langsung menghadap pantai sehingga dijamin kamu akan betah berlama-lama di sana. (yani)

Kredit : yani


Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH