Pantai Sukamade, Surga Bagi Para Penyu Tukik di Pantai Sukamade (Foto: Instagram@adhiyat12)

PANTAI adalah salah satu destinasi wisata paling diunggulkan di Banyuwangi. Salah satunya adalah Pantai Sukamade yang terletak di Desa Rajegwesi, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Jika Pantai Plengkung terkenal dengan ombaknya yang dahsyat, maka Pantai Sukamade lebih dikenal sebagai tempat penangkaran penyu. Di tempat ini kamu bisa menyaksikan secara langsung proses penyu-penyu bertelur.

Habitat penyu terbesar di Indonesia

Penyu yang sedang bertelur di Pantai Sukamade (Instagram/deniasgar)
Penyu yang sedang bertelur di Pantai Sukamade (Foto: Instagram@deniasgar)

Pantai Sukamade bukanlah sembarang tempat penangkaran penyu. Pantai ini adalah habitat penyu terbesar di Indonesia. Penyu-penyu yang datang bertelur berasal dari Samudera Hindia dan Pasifik.

Sudah ribuan tahun penyu-penyu datang ke pantai ini untuk bertelur. Sayangnya jumlah penyu di Pantai Sukamade semakin sedikit lantaran banyaknya lampu nelayan di sekitar pantai.

Hal itu lantaran penyu sangat tidak menyukai cahaya. Oleh karenanya, pengunjung yang ingin menyaksikan penyu bertelur diimbau untuk tidak menyalakan cahaya lampu di malam hari.

Musim penyu bertelur

Kkamu bisa melepas tukik di sana (Instagram/nesi_aureole)
Kkamu bisa melepas tukik di sana (Foto: instagram@nesi_aureole)

Saat ini adalah waktu yang sangat tepat jika ingin melihat penyu bertelur. Pasalnya intensitas penyu bertelur terjadi pada musim kemarau yakni antara bulan Juli dan Oktober. Namun kamu juga bisa melihatnya di bulan lain karena setiap penyu akan bertelur sekitar 4 sampai 6 kali setahun.

Terdapat empat penyu yang biasa bertelur di Pantai Sukamade yakni penyu hijau, penyu sisik, penyu slengkrah dan penyu belimbing. Dari keempat jenis itu penyu hijau adalah yang paling banyak bersarang di Pantai Sukamade.

Triangle Diamons Banyuwangi

Pantai Sukamade menjadi Triangle Diamons bersama Kawah Ijen dan Pantai Plengkung (Instagram/saptalien)
Pantai Sukamade menjadi Triangle Diamons bersama Kawah Ijen dan Pantai Plengkung (Foto: instagram@saptalien)

Pantai Sukamade masih masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Pantai ini pertama kali ditemukan oleh penjelajah asal Belanda di tahun 1927.

Satu hal yang menarik, Pantai Sukamade adalah salah satu dari Triangle Diamons atau Segitiga Berlian di Banyuwangi selain Pantai Plengkung dan Kawah Ijen. Hal itu karena ketiga wisata tersebut jika ditarik garis lurus akan membentuk sebuah segitiga.

Akses menuju Pantai Sukamade

Disarankan menggunakan mobil double gardan (Instagram/elenaleonardo)
Disarankan menggunakan mobil gardan ganda (Foto: instagram@elenaleonardo)

Akses pantai ini satu arah dengan Pantai Teluk Hijau dan Rajekwesi. Dari Teluk Hijau kamu bisa menempuhnya sekitar 2 jam perjalanan atau 15 kilometer.

Tak ada kendaraan umum untuk sampai ke tempat ini sehingga untuk menjangkaunya hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi. Mobil jenis gardan ganda direkomendasikan untuk melewati trek yang cukup ekstrim.

Kredit : yani

Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH