Pantai Selong Belanak, Surga Para Pelancong Bule di Lombok Tengah Pantai Selong Belanak yang masih sepi. (Foto: instagram@pranata_1998)

PULAU Lombok sudah sangat terkenal sebagai destinasi wisata. Selain Bali, Lombok juga favorit para pelancong mancanegara. Pulau ini menawarkan banyak pantai indah memesona.

Salah satu wisata favorit pelancong luar negeri yaitu Pantai Selong Belanak. Salah satu sajian alam yang paling ditunggu yaitu melihat matahari terbenam di antara pemandangan indah pantai dan bukit-bukit hijau.

1. Pantai Selong Belanak tak banyak yang tahu

Pantai Selong Belanak. (Foto: Pixabay/instagram.com/ulfamaruapey82)
Pantai Selong Belanak. (Foto: instagram@ulfamaruapey82)

Pantai Selong Belanak disebut-sebut sebagai mutiara tersembunyi di pulau yang dahulunya dikenal dengan bagian Sunda Kecil ini. Hanya orang-orang tertentu saja yang mengetahui lokasi tersebut sehingga terkesan ekslusif bagi para pelancong, terutama dari mancanegara.

Popularitas Pantai Selong Belanak berawal sekitar empat tahun silam, saat banyak wisatawan yang memajang foto-fotonya saat di pantai itu melalui media sosial.

Kepopuleran Pantai Selog Belanak tidak berlangsung lama. Hal itu karena tertelan oleh hiruk pikuknya promosi keindahan pariwisata di Senggigi, Lombok Barat atau Tri Matra Gili Trawangan, Gili Meno serta Gili Air di Lombok Barat. Serta yang terbarukan objek wisata Pantai Kuta Mandalika yang masuk dalam bagian Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang gencar dipromosikan pemerintah.


2. Pantai yang sangat ideal untuk pencinta olahraga air

Pantai Selong Belanak. (Foto: instagram.com/spolupoznatsvet)
Pantai Selong Belanak. (Foto: instagram@polupoznatsvet)

Pantai Selong Belanak berjarak 49 kilometer dari Kota Mataram atau memakan waktu sekitar 2 jam. Pantai ini memiliki pasir putih menggoda dengan bentangan alam berupa teluk. Kemudian dikelilingi oleh pebukitan yang hijau, sehingga sangat aman untuk keluarga yang membawa anak-anaknya berenang di tepi pantai karena ombaknya yang tidak terlalu kencang.

Kontur Pantai Selong Belanak sangat landai. Pengunjung bebas berenang dengan aman di tepi pantai atau menyewa papan selancar untuk bersurfing ria di ombak yang memiliki ketinggian sekitar 1 meter itu.

Bentangan pasir putih pun sangat lebar dengan seperti tapal kuda. Bahkan saat kendaraan membawa pengunjung menuruni bukit mengarah ke pantai, kamu sudah disambut bentangan alam yang sempurna. Hijau bukit membentang bagaikan permadani.

3. Surga para pelancong mancanegara

Pantai Selong Belanak. (Foto: instagram.com/nizarnizar)
Pantai Selong Belanak. (Foto: instagram@nizarnizar)

Pemandangan wisata bahari Pantai Selong Belanak bisa dikatakan tidak ada yang mengalahkan di luar negeri sekalipun. Namun ironisnya, keindahan alam itu kurang dipromosikan oleh pemerintah daerah baik Pemkab Lombok Tengah maupun Pemerintah Provinsi NTB.

Saat ini, mayoritas pengunjung objek wisata pantai itu berasal dari wisatawan asing sedangkan wisatawan nusantara terhitung masih sedikit saja.

Wisatawan mancanegara yang sering mengunjungi pantai itu berasal dari sejumlah negara seperti Jerman, Belanda, Perancis serta Tiongkok.

"Para turis itu hanya melintas saja ke Pantai Selong Belanak setelah mengikuti paket perjalanan ke Senggigi, Gili Trawangan atau Kuta Mandalika," kata seorang pengelola tempat wisata lokal bernama Safar, seperti dikutip Antara.

Turis dari Eropa biasanya datang ke Pantai Selong Belanak, pada bulan Juni, Juli, dan Agustus. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Jelajah Kuliner Singkawang, Makanan-Makanan Ini Wajib Kamu Coba

Kredit : zulfikar

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH