Pantai Selatan Yogyakarta Diserbu Ribuan Wisatawan Pantai Kukup dipadati wisatawan. (ANTARA/Sutarmi)

MerahPutih.com - Animo masyarakat untuk berwisata ke pantai meningkat. Sejumlah pantai di selatan Yogyakarta diserbu ribuan wisatawan. Mereka melepas penat dan bosan karena sudah terlalu lama berdiam diri di rumah di masa pandemi COVID-19.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunung Kidul Harry Sukmono mengatakan, pantai yang banyak dikunjungi wisatawan adalah Pantai Kukup, dan Baron.

Baca Juga:

Pantai Selatan Gunungkidul akan Dibuka Kembali dengan Protokol New Normal

"Laporan yang saya terima sampai Minggu siang jumlah wisatawannya sudah lebih dari 6.000 orang,"jelas Harry di Yogyakarta, Senin (06/07).

Pihaknya terpaksa membuka Pantai Drini dan Indrayanti untuk menampung dan memecah jumlah pengunjung.

"Kami buka untuk menampung kunjungan wistaawan. Tapi kami tetap mengawasi ketat pelaksanaan protokol kesehatan di destinasi wisata tersebut," kata Harry.

Objek wisata pantai menjadi destinasi utama menuju new normal. ANTARA/Sutarmi
Objek wisata pantai menjadi destinasi utama menuju new normal. ANTARA/Sutarmi

Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Gunung Kidul Surisdiyanto mengatakan, kawasan pantai selatan dipenuhi wisatawan. Pada pagi hingga siang hari, parkiran di kawasan Pantai Kukup tidak mampu menampung kendaraan pengunjung.

"Kami hanya bisa mengimbau kepada wisatawan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan seperti jaga jarak dan menggunakan masker. Hanya saja, masih banyak pengunjung yang nekat bergerombol dan tidak menggunakan masker," katanya

Tim SAR juga mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dengan keberadaan ubur-ubur. Wisatawan diminta tidak memegang ubur-ubur dan mengawasi anak-anak selama berenang di pantai.

Baca Juga:

Asyik Mandi di Laut, Puluhan Wisatawan Pantai Selatan Tersengat Ubur-Ubur

Selain destinasi pantai, sejumlah lokasi wisata di Gunung Kidul sedang bersiap diri untuk beroperasi kembali dengan protokol new normal. Di antaranya Kawasan Gua Pindul, Air terjun srigetuk, dan Lembah Ngingrong.

Keramaian wisatawan juga terlihat di Pantai Goa Cemara, Desa Gadingsari, Sanden, Bantul. Ratusan wisatawan bersama-sama melepas anak penyu (tukik) menjelang senja tiba. (Teresa Ika/Yogyakarta)

Baca Juga:

Amankah ke Pantai di Fase New Normal?


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH