Pantai Sadeng, Destinasi Wisata Paling Timur Yogyakarta

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Minggu, 06 November 2016
Pantai Sadeng, Destinasi Wisata Paling Timur Yogyakarta
Pantai Sadeng, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. (Foto: MerahPutih/Fredy Wansyah)

MerahPutih Wisata - Kabupaten Gunungkidul tak salah dikatakan sebagai Balinya Pulau Jawa. Di sini terdapat begitu banyak pantai-pantai eksotis, sehingga layak diberi predikat selayaknya Bali.

Salah satu pantai eksotis di Gunungkidul ialah Pangai Sadeng. Letaknya berada di Girisubo, Gunungkidul, DI Yogyakarta. Terletak di daerah paling timur di Provinsi DI Yogyakarta. So, jaraknya terbilang sangat jauh dari Kota Yogyakarta.

Beberapa ratus meter jalur aliran Bengawan Solo Purba bisa dinikmati pemandangannya saat berjalan menuju Pantai Sadeng. Jalur aliran itu bisa dilihat setelah sampai di dekat plang biru bertuliskan "Girisubo - Ibukota Kecamatan". Berhenti sejenak di pinggir jalan menuju pantai atau berjalan perlahan adalah cara paling tepat untuk menikmati pemandangan bekas aliran Bengawan Solo Purba.

Pesona pantainya terbilang eksotis. Laut selatan dan pemandangan alam di tepian pantainya sangat menawan, sehingga membuat siapa pun yang gemar berfoto ria akan jatuh hati di tempat ini. Beberapa sudut pantainya diberi bebatuan, sebagai tanda adanya dermaga pelabuhan di Pantai Sadeng. Ombaknya pun tak seganas ombak-ombak di pantai selatan lainnya.

Selain menikmati wisata, tempat ini bisa dijadikan sebagai tempat menikmati kegiatan nelayan. Pantai Sadeng merupakan pusat dermaga nelayan di Provinsi DI Yogyakarta, bahkan sebagai PPI bertaraf nasional.

Sehabis berwisata dan menikmati kegiatan para nelayan di tepi pantai, kuliner seafood merupakan sasaran yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung di Pantai Sadeng. Segarnya ikan laut membuat sayang melewatkan bersantap ria ikan laut. Apalagi, harga ikan laut di sini terbilang sangat murah dibandingkan di tempat lain. (Fre)

BACA JUGA:

  1. 4 Pantai Surganya Mancing Mania di Yogyakarta
  2. Pantai Ngobaran, Suguhkan Keindahan dan Nilai Sejarah
  3. Eksotisnya Keindahan Alam Pantai Watu Maladong
  4. Pantai Ngudel, Surga Baru dari Malang
  5. Eksotisnya Pantai Sanglen Gunungkidul
#Wisata Yogyakarta #Wisata Gunungkidul #Pantai Sadeng
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan