Pantai-pantai dengan Pemandangan Eksotis Batu Granit Raksasa, Dua Ada di Indonesia La Digue Island. (Foto: instagram@jessi_anci)

BERWISATA di pantai merupakan pilihan kamu para penyuka wisata bahari. Kamu bisa banyak menghabiskan waktu berlibur, bersantai, berenang, atau olahraga lainnya seperti main perahu motor.

Pemilihan pantai sebagai destinasi wisata tentu gak lepas dari bagaimana pemandangannya. Pantai putih yang landai tentu sangat menjadi pilihan. Selain itu, air bersih dan cocok sebagai tempat berenang biasanya selalu jadi favorit.

Tapi ada juga tipe lain pantai. Seperti ombak besarlah yang dicari para peselancar (surfer). Soal pemandangan pantai, ada lagi pantai yang di sana terdapat batu atau karang sehingga menambah panorama.

Salah satunya pantai berbatu granit raksasa. Tak semua pantai memiliki batu granit besar. Berikut merahputih.com pantai-pantai terkenal dengan batu granit raksasanya di dunia, termasuk dua di antaranya di Indonesia;


1. Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang. (Foto: instagram.com/arosid_31)
Pantai Tanjung Kelayang. (Foto: instagram@arosid_31)

Pantai Tanjung Kelayang sebetulnya bukan satu-satunya pantai indah di Pulau Belitung dengan pemandangan batu granitnya. Ada sederet pantai dengan batu granit di Negeri Seribu Pantai ini. Pantai Tanjung Karang terkenal dengan batu granitnya lewat film Laskar Pelangi yang diangkat dari novel Andrea Hirata.


2. Alif Stone Park

Alif Stone Park. (Foto: instagram.com/rullykustandar)
Alif Stone Park. (Foto: instagram@rullykustandar)

Nama bekennya memang Alif Stone Park. Tapi pantai satu ini ada di Indonesia. Alif Stone Park terkenal dengan keindahan batu granit raksasa yang menghiasi pantainya. Alif Stone Park terletak di Pulau Bungaran, Natuna, Kepulauan Riau.


3. Bay of Fires

Bay of Fires. (Foto: instagram.com/elodrew)
Bay of Fires. (Foto: instagram@elodrew)


The Bay of Fires adalah sebuah teluk di pantai timur laut Tasmania, Australia. Di teluk ini terdapat pantai dengan batu-batu granit besar yang memukau. Batu-batu itulah daya tarik lain orang-orang datang ke Bay of Fires. Batu-batu tersebut sebagian berwarna merah sehingga favorit dijadikan latar belakang berfoto.

4. La Digue Island

La Digue Island. (Foto: instagram.com/dztrotter)
La Digue Island. (Foto: instagram@dztrotter)

Pulau La Digue merupakan destinasi wisata favorit para pelancong luar ke Seiselensa atau Seychelles. Seychelles merupakan negara kepulauan di Samudera Hindia, sekitar 1.600 km sebelah timur daratan Afrika. Nah, La Digua Island ini sangat terkenal dengan pemandangan sangat indah batu-batu granit di kawasan pantai hingga masuk ke wilayah daratannya.


5. Elephant Rock

Elephant Rock. (Foto: instagram.com/brianna_beahan)
Elephant Rock William Bay. (Foto: instagram@brianna_beahan)

Pantai ini juga dari Australia. Elephant Rock masuk dalam wilayah William Bay National Park di Denmark, Australia Barat. Tempat ini sangat terkenal dengan pantai berbatu granit raksasa. Elephant Rock tempat paling banyak dikunjungi wisatawan di taman nasional tersebut. Penyebutan elephant rock ini karena batu-batunya mirip dengan gajah atau ukurannya sangat besar.

6. Pantai Boulders

Boulders Beach. (Foto: instagram.com/southafricada)
Boulders Beach. (Foto: instagram.com/southafricada)

Terakhir ada Pantai Boulders dengan pemandangan eksotis batu-batu granit raksasa. Pantai Boulders terletak di Cape Town, Afrika Selatan, sebuah kawasan konservasi untuk penguin Afrika (Spheniscus demersus) di sebelah timur Semenanjung Cape. Penguin menjadikan batu-batu granit Pantai Boulders sebagai tempat perlindungan. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Menteri Pariwisata Terima Penghargaan dari Lonely Planet

Kredit : zulfikar

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH