Pantai Oetune, Destinasi Wisata Unggulan Kabupaten Timor Tengah Selatan Pantai Oetune, Foto: Wisata Tanahair

MerahPutih.com - Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Timur Marius Ardu Jelamu mengemukakan, Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) telah mengembangkan wisata Pantai Oetune menjadi destinasi wisata pantai unggulan di daerah setempat.

"Wajah Pantai Oetune di TTS sekarang terlihat sangat menarik, pemerintah setempat membangun belasan lopo, jalan pesisir pantai, panggung hiburan, dan lainnya," kata Marius Ardu Jelamu di Kupang, Sabtu (12/5)

Marius Jelamu mengaku sudah kesekian kalinya berkunjung ke Pantai Oetune, dan dari diskusi dengan bupati setempat ia mengapresiasi komitmen pemerintah daerah dalam membangun pariwisatanya.

Ia menjelaskan, wisata Pantai Oetune saat ini setiap hari dikunjungi wisatawan, apalagi di saat akhir pekan yang selalu ramai dipadati wisatawan lokal maupun mancanegara.

Keindahan alam pantai berpasir putih yang bersih dan luas dan hamparan lautan biru yang menghadap ke wilayah perairan perbatasan dengan Australia, katanya, menjadi pemandangan indah untuk dinikmati wisatawan.

Selain itu, lanjutnya, akses untuk menjangkau destinasi setempat juga sudah mudah karena pemerintah setempat telah membangun jalan menuju Pantai Oetune.

"Jalan dari Batu Putih ke Pantai Oetune ini juga sudah lancar sehingga wisatawan dari luar daerah yang masuk melalui Kota Kupang bisa dengan mudah menjangkaunya dengan waktu tempuh sekitar dua jam," katanya.

Ia mengatakan, pemerintah setempat juga akan mengembangkan wisata kuliner, penjualan souvenir, hingga mengaktifkan panggung hiburan di destinasi tersebut.

Menurut Marius, pengembangan wisata Pantai Oetune ini perlu dicontohi pemerintah kabupaten lainnya di provinsi berbasiskan kepulauan itu.

"Karena itu memang butuh gagasan dan komitmen tinggi setiap pemimpin daerah. Kita lihat selain di TTS, daerah yang juga berkomitmen mengembangkan pariwisatanya seperti Lembata," katanya.

Ia menambahkan, pariwisata sudah menjadi sektor unggulan yang digagas pemerintah pusat, sehingga ia mengajak setiap pemerintah daerah untuk terus mengembangkan kekayaan destinasi wisatanya.

"Apalagi pariwisata di NTT yang sedang membuming, dibicarakan di mana-mana, marketing juga terus berjalan, sehingga tinggal bagaimana kesiapan pemerintah dan masyarakat di masing-masing daerah wisata," katanya. (*)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH