Pantai Ngandong, Keindahan Tersembunyi di Gunungkidul

Muchammad YaniMuchammad Yani - Rabu, 18 April 2018
Pantai Ngandong, Keindahan Tersembunyi di Gunungkidul
Pantai Ngandong (Instagram/pesonadaerah)

GUNUNGKIDUL merupakan kabupaten yang berada di daerah Yogyakarta. Daerah ini dikenal tandus dan kerap mengalami kekeringan saat musim kemarau. Secara geografis wilayah Gunungkidul berupa perbukitan dan pegunungan kapur.

Namun, dibalik itu semua, ternyata daerah dari Pegunungan Sewu ini menyimpan keindahan alam yang luar biasa. Mulai dari gua, air terjun hingga pantai ada di sana.

Keindahan Pantai Ngandong (Instagram/evi_nurafiah25)
Keindahan Pantai Ngandong (Instagram/evi_nurafiah25)

Berbicara soal pantai di Gunungkidul ada satu pantai yang sangat indah yakni Pantai Ngandong. Pantai ini terbilang masih 'perawan' sehingga belum banyak tercemar dan dirusak oleh tangan manusia tak bertanggung jawab.

Keindahan pantai dibalik karang besar

Secara administratif Pantai Ngandong berada di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Pantai ini memang kurang terkenal dibandingkan pantai lain di dekatnya seperti Pandai Sundak dan Indrayanti.

Namun itulah kelebihannya. Karena pantai yang jarang dikunjungi, Pantai Ngandong masih sangat sepi dan masih sangat terlihat keasriannya. Anda bisa berjalan kaki dari Pantai Sundak bisa berjalan kaki dari pantai ini karena jaraknya cukup dekat.

Pantai Ngandong sangat cocok untuk swafoto (Instagram/ellianasusan)
Pantai Ngandong sangat cocok untuk swafoto (Instagram/ellianasusan)

Satu hal yang cukup menantang adalah jalur yang dilalui. Meski hanya 200 meter dari Pantai Sundak, disarankan Anda tidak memakai sandal japit saat berjalan menuju Pantai Ngandong.

Pasalnya, tekstur jalan menuju pantai masih berbatu. Dikhawatirkan Anda akan terpeleset jatuh terutama saat usai hujan turun. Meski demikian dijamin Perjuangan Anda menuju pantai ini terbayar.

Beberap akarang besar menghiasi Pantai Ngandong (Instagram/objekwisatagunungkidul)
Beberapa karang besar menghiasi Pantai Ngandong (Instagram/objekwisatagunungkidul)

Banyak karang besar yang sangat cocok dijadikan spot swafoto. Karena Pantai Ngandong menjadi tempat berlabuh kapal nelayan setempat, Anda bisa menyewa kapal tersebut untuk menjelajah sekitar pantai.

Kelebihan lain Pantai Ngandong

Ombak di pantai ini cukup tenang sehingga bisa dipakai untuk bermain air. Belum lagi hamparan pasir putih yang menghiasi sepanjang pantai tentunya membuat siapa saja yang datang ingin berlama-lama.

Kelebihan lain dari Pantai Ngandong adalah sunset yang sangat cantik. Hal ini karena Pantai Ngandong langsung berhadapan dengan Samudera Hindia namun sedikit menjorok ke barat.

Beberapa karang besar menghiasi Pantai Ngandong (Instagram/zaboyla)
Beberapa karang besar menghiasi Pantai Ngandong (Instagram/zaboyla)

Saat menjelang malam, langin akan berubah menjadi jingga. Tentunya hal itu adalah pemandangan yang sangat romantis, apalagi jika Anda datang bersama pasangan.

Tak perlu khawatir kelaparan saat berada di pantai ini. Pasalnya, banyak warung-warung makan yang menjajakan kuliner untuk disantap. Jika ingin bermalam, terdapat pula penginapan yang cukup lengkap fasilitasnya. (*)

Bicara soal pantai, di Jepara ada 7 pantai indah yang layak dikunjungi, Yuk lihat artikelnya di Menjelang Hari Kartini, Yuk Intip 7 Pantai Indah di Jepara

#Pantai #Wisata Alam #Wisata Pantai #Wisata Gunungkidul #Pantai Gunungkidul
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan