Pantai Kuta, Lombok, Pantai Bersih Berpasir Putih Pantai Kuta Lombok. (Foto:lombokgilis)

LOKASINYA berada di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pantai ini dikenal karena pasir putih dan airnya yang bersih. Tak hanya itu pada bulan Juli-Agustus menjadi lokasi ideal bagi peselancar.

Garis pantainya membentang sejauh 7,2 km. Di sebelah barat pantai ini terdapat Bukit Mandalika yang merupakan tempat paling baik untuk melihat keindahan pantai ini. Bukit ini menurut cerita rakyat menjadi tempat melompatnya Putri Mandalika ke laut. Putri itu dikejar-kejar oleh pangeran yang hendak mempersuntingnya.

Pantai Kuta Lombok berjarak sekitar 72 km dari kota Mataram atau sekitar 90 menit perjalanan bermobil. Pada pertengahan jalan terdapat Desa Sade yang menjadi desa hunian Suku Sasak. Di desa ini kita bisa mampir untuk melihat kerajinan tenun. Pun dapat membeli kain tenun sebagai suvenir.

Aktivitas air di pantai termasuk lengkap. Berselancar dan snorkling adalah yang umumnya dilakukan. Ada beberapa toko yang menyewakan perlengkapan itu.

Dari Pantai Kuta, kita bisa berjalan ke Pantai Seger yang hanya berjarak 2 km. Di pantai ini cenderung lebih banyak kegiatan snorkling dan selancar. Karena dinilai lebih ideal melakukannya di pantai ini. Terdapat penginapan-penginapan yang layak di area dua pantai ini.

Jangan lupa membawa topi, kacamata hitam dan tabir surya, karena sinar matahari di Pantai Kuta sangat kuat. (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH