Telusur Elok Aceh

Pantai Iboih, Pantai Tersembunyi Kaya Atraksi Alam

P Suryo RP Suryo R - Selasa, 24 Juli 2018
Pantai Iboih, Pantai Tersembunyi Kaya Atraksi Alam
Pantai Iboih berada di gugusan pulau Weh, Aceh. (Foto: littlenomadid)

LETAKNYA di ujung sebelah barat Indonesia tepatnya berada di gugusan pulau Weh. Wisata alam ini langsung menghadap ke Samudera Hindia yang menyuguhkan pesona alam yang berbeda dengan destinasi wisata lainnya. Pantai Iboih atau Teupin Layeu, destinasi wisata alam tersembunyi.

Panorama alamnya yang memukau itu semakin terasa mewah dengan alam bawah air. Tak mengherankan bila para penggila selam merekomendasikan tempat ini sebagai salah satu lokasi penyelaman dan snorkling terbaik di dunia.

Fasilitas wisata di tempat ini tergolong sudah baik, meskipun belum semewah destinasi wisata lainnya. Meskipun demikian sudah dianggap baik seperti penginapan yang berada di sekitar desa Iboih dan toko-toko suvenir. Penginapan disini bergaya bungalo, berada di tepi pantai atau di dalam desa.Untuk kegiatan bawah air termasuk yang lengkap dengan banyaknya penyewaan boat, aqualung, baju selam, gogle dan berbagai keperluan menyelam lainnya.

pantai iboih
Pantai Iboih yang memberikan atraksi alam pantai. (Foto: indonesia.biz)

Pantai Iboih dianggap sebagai pantai tersembunyi, bahkan belum banyak wisatawan yang menyambangi tempat ini. Pantai yang berwarna keemasan seolah menunjukan kualitas pesona alamnya. Kejernihan airnya membuat orang dapat melihat sampai dasarnya. Belum lagi warna biru sepanjang mata memandang memberikan kesejukan.

Bentuk pantai yang melengkung seperti senyuman seolah menunjukan kegembiraan menyapa pelancong yang datang. Tak jauh dari pantai hamparan warna hijau dari hutan tropis memberikan kesejukan udara, dijamin kamu bakal betah berada disini. Hutan lindung itu juga siap dieksplorasi sebagai selingan menghabiskan waktu di Iboih.

pantai iboih
Banyak spot instagramable di Pantai Iboih. (Foto: andysaiden)

Pantai Iboih memiliki titik-titik yang instagramable. Pantai sudah jelas memberikan pemandangan bagus bila diabdikan dalam akun-akun media sosial kamu. Terdapat berbagai batuan yang akan membuat iri orang lain bila kamu berfoto sebagai latar belakangnya.

Untuk mencapai Pantai Iboih, tentunya harus melalui Banda Aceh, kecuali kamu punyai kapal pesiar yang bisa melego jangkar di lepas Pantai Iboih. Dari banda Aceh kamu menuju pelabuhan Ulue-Lue menyebrang menuju pelabuhan Sabang dengan kapal feri yang memakan waktu sekitar 2 jam. Namun bila ingin cepat dapat menaiki speedboat yang hanya memakan waktu sekitar 45 menit. Hanya ada dua kali penyeberangan setiap harinya. Kemudian dari pelabuhan dapat menaiki angkutan umum ke Pantai Iboih.

pantai iboih
Destinasi alam yang jarang diketahui orang. (Foto: Smile Indonesia)

Yang menariknya di perairan Pantai Iboih ini terdapat gunung api bawah air. Gunung api ini masih aktif, konon gunung api ketika meletus beratus-ratus tahun yang lalu mengakibatkan Pulau Weh terpisah dari Sumatera.

Sekedar info, karena masuk dalam wilayah Daerah Istimewa Nanggroe Aceh Darussalam yang menjalankan syariat Islam. Maka semua aktivitas akan terhenti pada hari Jum'at. Namun akan beroperasi kembali setelah shalat Jum'at. Tidak ada alkohol di destinasi wisata ini. (psr)

#Telusur Elok Aceh
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan