Pantai Congot Surganya Nelayan di Yogyakarta Pantai Congot, Kulon Progo, Yogyakarta (Foto: Instagram @ salwanadhira)

MerahPutih Wisata – Di kawasan Kulon Progo, Yogyakarta memang diketahui banyak memiliki sejumlah tempat wisata pantai yang menarik untuk menjadi tujuan berlibur bersama keluarga tercinta. Salah satunya yakni Pantai Congot yang mungkin masih asing di telinga para wisatwan.

Pantai Congot merupakan pantai wisata yang paling tepat untuk dikunjungi setelah Anda bertandang di Pantai Glagah. Kedua pantai itu berjarak sangat dekat dan dihubungkan oleh jalan beraspal halus yang bahkan cukup mudah ditempuh menggunakan sepeda.

 

#love

A photo posted by sayuti (@sayuti_16) on

Pantai Congot Terletak di Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo. Pantai Congot juga menjadi pusat kegiatan warga sekitar yang menggantungkan hidup sebagai nelayan dengan mencari ikan.

Pantai Congot memiliki pesona tersendiri yang tidak dimiliki pantai-pantai lainnya di Jogja. Saat Anda datang ke Pantai Congot ini, Anda akan langsung merasakan nuansa nelayan dan perikanan yang sangat kuat.

Di sepanjang garis pantainya, Anda bisa melihat aktivitas warga sekitar dan wisatawan lokal yang sedang memuaskan kegemaran memancing mereka. Sedangkan di sudut lainnya, para nelayan juga tengah sibuk menjala ikan di tepi pantai, menghancurkan cangkang rajungan yang melekat di jala ataupun membersihkan perahu.

Meskipun Pantai Congot terbilang ramai karena cukup banyak aktivitas para penduduk yang bekerja sebagai nelayan. Anda tak perlu takut, di Pantai Congot Anda bisa melihat keindahan pemandangan saat berjalan menuju ke Pantai ini.

Sepanjang jalan yang menghubungkan Wates dengan Pantai Congot, Anda bisa menyaksikan hamparan sawah hijau dan aktivitas warga desa di Kulon Progo yang umumnya menjadi petani. Seperti dataran dekat pantai di wilayah lain, jalan-jalan menuju Pantai Congot juga dihiasi oleh deretan pohon kelapa yang mungkin sudah jarang Anda temui saat ini.

Untuk dapat berkunjung ke Pantai Congot ini, Anda tak perlu membayar biaya tambahan. Kunjungan ke pantai ini sudah termasuk dalam tiket wisata menuju Pantai Glagah. Letak Pantai Congot yang sangat dekat dengan Pantai Glagah tentu cukup menjadi alasan untuk mengunjunginya. Nuansa nelayan dan perikanan yang begitu kuat menjadikan pantai ini tetap memiliki kekhasan dan tak bisa begitu saja disamakan dengan Pantai Glagah.

Jarak yang ditempuh dari kota Yogyakarta menuju Pantai Congot adalah kurang lebih satu setengah hingga dua jam perjalanan. Pantai ini terletak kurang lebih 2 kilometer dari Jalan Raya Wates. Selain itu, medan yang dilalui juga sudah cukup baik sehingga akan memudahkan perjalanan Anda menuju pantai ini.

BACA JUGA:

  1. Panorama Alam Pantai Krakal Yogyakarta
  2. Keunikan Air Terjun di Bibir Pantai Jogan Yogyakarta
  3. Pantai Siung, Pesona Keindahan Wisata Ekstrem di Yogyakarta
  4. Rasakan Debur Ombak di Pantai Licin, Malang
  5. Debur Ombak Dahsyat di Pantai Watu Bale Pacitan


Selvi Purwanti

LAINNYA DARI MERAH PUTIH