Pantai Appalarang, Panorama Indah di Balik Tebing Curam Pantai Appalarang (Foto: Instagram/_aaaallll)

ADA banyak sekali wisata pantai di Sulawesi Selatan. Mulai dari yang terkenal hingga jarang dibicarakan di media sosial. Pantai Appalarang menjadi salah satu pantai yang belum begitu populer dibandingkan tetangganya, Pantai Tanjung Bira.

Hal itu mungkin karena Pantai Appalarang letaknya cukup tersembunyi. Keindahan pantai yang berjarak 200 kilometer dari ibu kota Sulawesi Selatan, Makassar ini berada di balik tebing curam. Meskipun pada kenyataannya tempat ini masih mudah untuk dijangkau.

1. Mirip Raja Ampat

Pesona Panta  Appalarang begitu indah (Foto: Instagram/ewink_ali)
Pesona Panta Appalarang begitu indah (Foto: Instagram/ewink_ali)

Salah satu tempat untuk menikmati keindahan laut di timur Indonesia adalah Raja Ampat. Nah, pesona yang sama akan dirasakan saat kamu menuju Pantai Appalarang. Laut di sana berwarna tosca dan biru tua dengan ikan-ikan kecil yang berenang di dalamnya.

Hal unik lainnya dari Pantai Appalarang adalah kondisinya yang tidak seperti pantai pada umumnya. Keindahan pantai ini bukan ada pada hamparan pasirnya melainkan tebing curam dengan gugusan unik.

Pantai ini juga menghadirkan kesejukan dengan angin sepoi-sepoi. Karena namanya kurang populer dibandingkan Pantai Tanjung Bira, tempai ini cukup sepi, jadi sangat cocok bagi kamu yang ingin mencari ketenangan.

2. Melakukan berbagai aktivitas

Ada berbagai aktivita di sana (Foto: Instagram/dianprilies)
Ada berbagai aktivita di sana (Foto: Instagram/dianprilies)

Jika kamu ingin berenang, kamu harus turun dari tebing. Ada anak tangga yang sengaja disediakan untuk naik dan turun. Tapi kalau kamu berani, kamu bisa langsung loncat dari tebing untuk berenang. Di sekitar pantai kamu juga dapat melakukan aktivitas snorkeling.

Jika kamu takut berenang, memancing adalah pilihan lainnya. Kamu bisa menunggu umpan dimakan ikan sambil memandangi pemandangan laut khas Indonesia Timur. Jika tidak membawa alat pancing, kamu bisa mencari berfoto ria di sana. Ada banyak spot menarik yang bisa kamu gunakan mulai dari duduk di tebing hingga di jembatan kayu.

3. Akses menuju lokasi

Menuju lokasi cukup mudah (Foto: Instagram/rezha_patty)
Menuju lokasi cukup mudah (Foto: Instagram/rezha_patty)

Agar bisa sampai ke Pantai Appalarang, lebih baik menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan. Kkarena jakau kamu menggunakan kendaraan umum, maka kamu hanya diantarkan sampai Desa Ara. Sisanya kamu harus berjalan kaki dengan jarak yang jauh.

Khusus untuk kendaraan sewa, kamu bisa menyewanya di Tanjung Bira. Di sana kamu akan mudah menemukan tempat penyewaan motor. Jika tak ingin menyewa motor, coba pilih mobil jenis SUV, karena mobil ini cocok untuk trek di sana.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH