Panta Capital x Kopi Mantan, Kolaborasi untuk Kemajuan Bisnis Bisnis tak melulu soal kompetisi (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

BISNIS tak selalu soal kompetisi. Memang kamu harus bersaing dengan kompetitor lain agar bisnis semakin maju dan berkembang. Namun, jangan pernah meremehkan kolaborasi. Ada kalanya kamu harus bergabung dengan pihak lain untuk memajukan bisnismu.

Contohnya gerai Kopi Mantan. Belum lama ini Gerai Kopi tersebut melakukan kerjasama dengan perusahaan investasi asing asal Jerman bernama Panta Capital. Kolaborasi ini menghasilkan keuntungan bagi kedua belah pihak.

Baca juga:

Kopi Kenangan Ajak Pelanggan Galang Dana untuk APD

Kopi Mantan melalui kolaborasi ini ingin mengembangkan fitur teknologi mereka dalam memasarkan produk. Panta Capital sebagai perusahaan berkembang memiliki banyak sumber daya teknologi. "Kami berharap kerjasama ini bisa mengembangkan sumber daya teknologi dan knowledge itu," ujar Founder Kopi Mantan, Raymond Tjiadi di Hotel Kempinski, Jakarta belum lama ini.

Kopi Mantan ingin memanfaatkan sumber daya teknologi Panta Capital (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

Teknologi yang ingin dikembangkan kata Raymond ialah aplikasi pemesanan kopi. Rencananya tahun ini, ia dan timnya ingin mengembangkan aplikasi tersebut agar pelanggan tidak perlu repot lagi untuk mendapatkan segelas kopi nan nikmat.

Terlebih di masa pandemi ini. Sebisa mungkin pelanggan tidak perlu melakukan pemesanan dengan bertatap muka agar aman dari COVID-19. "Makanya kita ingin mengembangkan aplikasi. Kita menggunakan kesempatan ini untuk beradaptasi (di masa pandemi)," tambah Raymond.

Baca juga:

Pentingnya Kolaborasi untuk Pertahankan Bisnis Daring di Tengah Pandemi

Raymond pun sepakat di dunia bisnis tidak melulu soal kompetisi. Kehadiran kompetitor lainnya ia gunakan sebagai bahan untuk evaluasi. "Kita tidak pernah melihat mereka kompetitor. Kami fokus dengan mengembangkan diri kita sendiri," tuturnya.

Kolaborasi mampu membuka peluang bisnis ke ranah internasional (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

Kolaborasi tak hanya memajukan bisnis di dalam negeri. Investor asing seperti Panta Capital akan membuka peluang bisnis ke ranah internasional. Jadi merupakan tindakan tepat jika dari sekarang kamu sudah mulai mencari rekan bisnis untuk berkolaborasi.

Daniel Tjoa selaku Founder Panta Capital berharap pihaknya mampu memberikan banyak dukungan terhadap perusahaan-perusahaan berkembang di Indonesia. "Kami berharap bisa membuka peluang baru untuk masuk ke pasar internasional," pungkas Daniel Tjoa. (ikh)

Baca juga:

Kolaborasi untuk Perluas Akses Pembiayaan bagi UKM-UKM Berkembang

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH