Headline

Pansel Mulai Telusuri Rekam Jejak 40 Capim KPK yang Lolos Seleksi Tahap Ketiga

Eddy FloEddy Flo - Senin, 05 Agustus 2019
  Pansel Mulai Telusuri Rekam Jejak 40 Capim KPK yang Lolos Seleksi Tahap Ketiga
Ketua Tim Pansel Capim KPK Yenti Ganarsih (kedua dari kanan) (Foto: antaranews)

MerahPutih.Com - Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel Capim KPK) mulai menelusuri rekam jejak 40 nama yang lolos seleksi tahap ketiga atau tes psikologi. Sebelumnya ada 104 peserta mengikuti seleksi tahap ketiga ini pada Minggu 28 Juli lalu.

"Setelah ini kami kirim tim tracker kami terhadap 40 ini. Nanti kami akan masukkan seperti itu," kata Ketua Pansel Capim KPK Yenti Ganarsih dalam jumpa pers di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Senin (5/8).

Baca Juga: Pansel Endus Ada Upaya Menjegal Calon Pimpinan dari Luar KPK

Menurut Yenti, nama-nama peserta yang lolos ke tahap selanjutnya itu akan dikirim ke delapan instansi untuk ditelusuri rekam jejaknya.

Kedelapan instansi tersebut, antara lain KPK, Polri, Kejaksaan Agung, Badan Intelijen Negara (BIN), Badan Narkotika Nasional (BNN) Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), PPATK, dan Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan.

Ketua Tim Pansel Capim KPK Yenti Ganarsih
Yenti Ganarsih bersama Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) jilid V. (MP/Ponco Sulaksono)

Yenti menjelaskan penelusuran rekam jejak dilakukan sesuai dengan tugas dari institusi yang diminta oleh pihaknya, seperti Polri berkaitan dengan SKCK, Kejaksaan Agung berkaitan dengan ada atau tidaknya nama peserta dalam tuntutan dakwaan.

Tak hanya itu, kata Pakar Hukum Universitas Trisakti ini pihaknya juga akan mendatangi tempat tinggal hingga kantor para peserta yang lulus tesebut.

"Kami ada yang traker keseluruhan berkaitan dengan nanti kita datang ke sana di lingjungan orang itu dan ke kantornya, sebagainya ada juga," imbuhnya.

Yenti menyatakan 40 peserta yang lolos tes psikologi ini memiliki nilai tertinggi ketimbang peserta lainnya. Pansel KPK, lanjut dia, bekerja sama dengan pihak TNI AD dalam melaksanakan tes psikologi, pada Minggu (28/7) lalu.

Baca Juga: Basaria Panjaitan Tumbang di Seleksi Capim KPK Tahap Ketiga

"Psikotes banyak sekali komponennya, dan yang nilainya rendah di bagian apa kan ada, kan ada psikolognya. Karena kan ternyata yang sempurna semua kan enggak ada. Dari urutan nilai ada," ujarnya.

Selain melakukan penelusuran rekam jejak, kata Yenti, 40 peserta yang lolos tes psikologi wajib mengikuti seleksi tahap berikutnya, yaitu profile assesment pada Kamis-Jumat, 8-9 Agustus 2019. Yenti menyebut butuh waktu sekitar 10 hari untuk melakukan penilaian usai profile assesment.

"Karena profile asessement lama, sekitar 14 hari. Kami minta 10 hari selesai," tandas Yenti Ganarsih.(Pon)

Baca Juga: Berikut 40 Nama Calon Pimpinan KPK yang Lolos Tes Psikologi

#Pansel KPK #Capim KPK #Yenti Garnasih #Komisi Pemberantasan Korupsi
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan