Sumba Barat, Negeri Seribu Bukit

Panorama Hobba Kalla Eksotisme Alam Sumba Barat

P Suryo RP Suryo R - Senin, 15 Oktober 2018
Panorama Hobba Kalla Eksotisme Alam Sumba Barat
Kawasan Hobba Kalla memang sangat mempesona. (Foto: instagram@santonet)

SUMBA Barat menyuguhkan pemandangan alam yang eksotis dan berbeda dari destinasi wisata yang lain. Banyaknya destinasi wisata yang ada di Sumba Barat membuat kita tak cukup mengeksplorasinya dalam waktu satu hari. Lalu bagaimana jika waktu yang kita miliki sangat terbatas? Jangan khawatir! Datang saja ke Panorama Hobba Kalla.

Panorama Hobba Kalla merupakan kawasan adat berupa padang rumput seluas 2 hektar yang terletak di tepi jalan besar yang menghubungkan Waikabubak dengan desa-desa di Selatan. Destinasi tersebut menyuguhkan pemandangan yang lengkap dan bisa dinikmati secara bersamaan.

Tempat tersebut memiliki laut, sungai, lembah hingga perbukitan yang terhampar luas dan indah. Salah satu pantai yang bisa kita nikmati di Panorama Hobba Kalla adalah Pantai Marosi. Daya tarik utama pantai tersebut adalah sebuah atol besar yang membelah pantai menjadi dua bagian. Atol adalah kumpulan terumbu karang berbentuk melingkar.

sumba barat
Menikmati pemandangan orang berkuda di pantai. (Foto: instagram@santonet)

Selain menikmati laut, kita juga bisa merasakan sensasi berjalan ala koboi ketika menyusuri perbukitan di Hobba Kalla dengan menunggangi kuda. Simak saja bagaimana syahdunya Marlina yang diperankan oleh Marsha Timothy ketika membelah kota Sumba dengan menunggangi kuda dalam film Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak. Seperti itulah sensasi yang bisa kita rasakan kala berkunjung ke Panorama Hobba Kalla.

Pada waktu tertentu, padang rumput tersebut digunakan oleh warga Lamboya sebagai tempat pelaksaan ritual Pasola dan pacuan kuda tradisional. Sementara di hari-hari biasa, daerah tersebut kerap digunakan sebagai tempat untuk menggembala kerbau. Banyaknya penggembala yang menggembalakan ternaknya di Panorama Hobba Kalla membuat kita bisa melihat hewan-hewan berkeliaran di padang rumput tersebut. Selain hewan ternak, sejumlah hewan liar pun terlihat asyik menyantap rumput di sana.

hobba kalla
Sejumlah hewan liar pun terlihat asyik menyantap rumput di sana. (Foto: Pemerintah Propinsi NTT)

Hobba Kalla terletak di Kecamatan Lamboya. Lokasinya sekitar 32 kilometer dari pusat kota. Jika ingin menuju tempat tersebut dengan biaya murah kita bisa naik moda transportasi umum. Sejumlah moda transportasi umum yang tersedia di Sumba Barat bisa menjangkau lokasi tersebut. Namun bila ingin menikmati perjalanan dengan enjoy dan bisa sesekali berhenti untuk mengabadikan pemandangan, kita dapat merental mobil. Meskipun desa tersebut masih perawan dari jangkauan tangan wisatawan kita tak perlu khawatir dengan kondisi jalanannya. Jalanan menuju lokasi dalam kondisi baik dan telah di aspal.

Jangan lupa untuk membawa perbekalan yang cukup kala berkunjung ke sana. Kita perlu menyediakan banyak makanan karena tak banyak tempat makan yang tersedia di sana. (avia)

#Sumba Barat, Negeri Seribu Bukit
Bagikan
Ditulis Oleh

Iftinavia Pradinantia

I am the master of my fate and the captain of my soul
Bagikan