Panjat Tembok Lihat Pemakaman BJ Habibie, Warga: Bodo Amat dengan Paspampres Warga memanjat tembok monumen gerbang Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata untuk menyaksikan pemakaman Presiden ketiga RI BJ Habibie, Kamis (12/9) (ANTARA/Laily Rahmawaty)

Merahputih.com - Banyak warga nekat memanjat tembok monumen gerbang Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata, Jakarta Selatan. Mereka rela memanjat untuk menyaksikan jenazah Presiden ketiga RI BJ Habibie dimakamkan.

Tadinya, warga berkumpul di area parkir. Namun, ketika jenazah datang, warga berbondong-bondong mendekat untuk melihat proses peti jenazah masuk ke dalam pemakaman.

Dengan ponsel di tangan warga mengabadikan setiap detik proses pengantaran jenazah dari parkiran menuju masuk pemakaman.

Baca Juga

Pak Habibie Maafkan Olok-olok Kami Saat Mahasiswa

Pembatasan yang dilakukan oleh aparat keamanan membuat warga mencari jalan sendiri untuk mengabadikan kenangan terakhir dari BJ Habibie tesebut.

Dari mulai ibu-ibu, anak-anak, remaja hingga bapak-bapak sibuk mengambil gambar menggunakan ponsel di genggaman.

Padatnya kerumuman warga membuat sejumlah warga memanjat tembok monumen TMPNU Kalibata untuk mendapatkan posisi tertinggi untuk melihat.

Presiden Indonesia Ketiga BJ Habibie. Foto: Net

Saat jenazah mulai masuk gerbang, warga pun bergerak mendekat ke arah gerbang, tapi dihalangi oleh Paspampres.

Suara tembakan dari upacara militer di pemakaman pun sempat mengagetkan warga, tapi warga tidak bergeming tetap mengambil gambar dan bertahlil mengiringi peti jenazah yang dibawa masuk oleh personel TNI menuju pemakan.

"Bodo amat dengan Paspampres, warga mau lihat ajak kok enggak boleh," kata salah seorang warga yang kecewa karena dihalangi Paspampres sebagaimana dilaporkan Antara.

Baca Juga

Ungkap Kedekatannya dengan Habibie, SBY: Sebagai Adik, Saya Merasa Kehilangan

Presiden ketiga RI BJ Habibie wafat di RSPAD Gatot Subroto pada Rabu (11/9) pukul 18.05 WIB diusianya ke 83 tahun.

Habibie akan dimakamkan usai Shalat Dzuhur di TMP Kalibata bersebelahan dengan makam istrinya Hasri Ainun Habibie. (*)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH