Panjang 200 Meter, Pembuatan Kain Tenun di Jepara Cetak Rekor Instagram @k.1101.il

ADA hal yang membanggakan bagi pengerajin kain tenun troso di Kecamatan Pecangaan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Pasalnya mereka berhasil memecahkan rekor di Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dalam membuat tenun troso sepanjang 217,4 meter, Sabtu.

Agar bisa memecahkan rekor MURI, para pengerajin menghabiskan waktu tiga bulan. Pembuatan ini melibatkan tujuh orang yang bekerja secara bergantian hingga menghasilkan kain tenun troso sepanjang 217,4 meter tersebut. Dalam kain tenun, motif yang digunakan sebanyak 20 motif nusantara.

Ketua Panitia Troso Festival Abdul Jamal berharap, dengan adanya pencatatan rekor tersebut bisa turut mempromosikan Desa Troso sebagai sentra kerajinan tenun ikat ke sejumlah daerah di Tanah Air.

Sementara itu, Eksekutif Manajer Rekor MURI Sri Widayati mengungkapkan, rekor yang dicetak oleh pengrajin tenun troso tidak hanya mencetak rekor nasional, namun mereka juga mencetak rekor dunia karena berhasil membuat kain tenun dengan motif terbanyak dan terpanjang karena mencapai 217,4 meter.

Kabupaten Jepara memang tidak hanya sekali dalam memecahkan rekor MURI, karena sebelumnya juga banyak yang tercatat. Di antaranya, pawai membawa lampion dengan peserta terbanyak, konvoi becak dengan peserta terbanyak, sketsa gambar dengan peserta terbanyak, minum dawet mantingan dengan peserta terbanyak, mengukir maupun mengamplas dengan peserta terbanyak, pembangunan dan renovasi pos kamling terbanyak, dan perkumpulan miniatur bus terbanyak.

Penyerahan piagam penghargaan dari MURI diserahkan oleh Eksekutif Manajer Rekor MURI Sri Widayati kepada Bupati Jepara Ahmad Marzuqi. Kemudian piagam tersebut diserahkan kepada Ketua Panitia Troso Festival Abdul Jamal dengan disaksikan Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Nur Achmad perwakilan dari Universitas Muria Kudus dan sejumlah tamu undangan. (*)

Sumber: Antara

Selain artikel ini Anda juga bisa baca Ludruk, Kesenian Tradisional yang Mati Suri


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

YOU MAY ALSO LIKE