Panitia Formula E Janji Takkan 'Colek' Proyek MRT dan Revitalisasi Monas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama tim Formula E di Monas (MP/Asropih)

Merahputih.com - Penyelenggara Formula E tetap berkomunikasi dengan pihak Kereta Moda Raya Terpadu (MRT) dan unit pengelola kawasan (UPK) Monas untuk memastikan ajang balap mobil listrik itu takkan mengganggu proyek mereka.

"Yang penting kami tetap berkomunikasi dengan MRT dengan monas untuk menyelenggarakan ini (formula e)," kata Communication Director Formula E Jakarta Dhimam Abror di Jakarta, Kamis (13/2).

Baca Juga:

Rute Monas Ditolak Setneg, Panitia Formula Langsung Terbang ke Jakarta

Lintasan balap itu juga tak akan bersinggungan dengan pengerjaan proyek revitalisasi Monas hingga pengerjaan stasiun MRT yang saat ini berada di dalam area cagar budaya tersebut.

"Di revitalisasi Monas enggak ada hubungannya karena enggak lewat situ. Sama MRT juga enggak bersingungan," tutur Dhimam.

Seperti diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengapresiasi keputusan Setneg selaku Komisi Dewan Pengarah Kawasan Medan Merdeka yang mengizinkan balap Formula E di kawasan Monas.

Pemprov DKI siapkan kawasan Jalan Sudirman-MH Thamrin untuk sirkuit Formula E
Ajang balap mobil Formula E. Foto: Facebook/Anies Baswedan

Anies pun berjanji akan menjaga Cagar Budaya itu lantaran sudah diperbolehkan menggunakan Monas untuk lintasan Formula E.

"Penyelenggara akan melaksanakan dan menaati Undang-undang Nomor 11 tahun 2010 tentang Cagar Budaya sesuai dengan empat butir hal yang perlu diperhatikan sebagaimana dimuat dalam surat persetujuan yang dimaksud," tulis Anies dalam surat bernomor 61/-1.857.23 yang ditujukan kepada Pratikno selaku Ketua Komisi Pengarah kawasan Medan Merdeka pada Selasa (12/2).

Orang nomor satu di Jakara itu juga melampirkan peta proyeksi jalur lintasan mobil Formula E. Di peta itu disebutkan bahwa lintasan balap Formula E memiliki panjang 2,6 Kilometer (Km) dan 11 tikungan.

Baca Juga:

Jakarta Gelar Formula E 2020, Anies: Potensi Ekonomi Capai Rp 1,2 Triliun

Rutenya dimulai dari Jalan Medan Merdeka Selatan ke arah kawasan Patung Kuda kemudian masuk ke Monas melalui pintu Barat Daya Monas.

Saat di dalam Monas rute dilanjutkan dengan belok kiri ke sisi barat putar balik ke selatan Monas. Kemudian terus mengarah ke sisi kanan dan keluar lewat pintu Tenggara Monas arah Gambir, lalu melintas di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jalan Medan Merdeka Selatan. (Asp)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama