Panglima TNI : Kekuatan Panglima TNI Berada di Anak Buah Panglima TNI : Kekuatan Panglima TNI Berada di Anak Buah (Foto: Puspen TNI)
MerahPutih Nasional - Panglima TNI Jenderal Moeldoko kembali menegaskan seorang pemimpin harus mampu merangkul kekuatan anak buah sehingga soliditas dan kesatuan TNI tetap terjaga. 
 
"Kekuatan seorang Panglima TNI berada di anak buah," kata Panglima TNI Jenderal Moeldoko dalam siaran persnya, saat memberikan pengarahan dihadapan 375 peserta Apel Komandan Satuan (Dansat) TNI AL tahun 2015, di Graha Samudra Bumimoro, Surabaya, Selasa (27/1).
 
Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) menambahkan bahwa, ada bermacam ragam gaya kepemimpinan, akan tetapi dari kesemuanya itu tidak ada gaya yang paling efektif selain gaya kepemimpinan demokrasi dimana gaya kepemimpinan ini kadang-kadang disebut juga gaya kepemimpinan yang terpusat pada anak buah (Employee Center), kepemimpinan dengan kesederajatan (Equilibrium), dan kepemimpinan konsultatif atau partisipatif.
 
Ditambahkan Panglima TNI bahwa, gaya kepemimpinan yang efektif tersebut dalam artian gaya kepemimpinan yang dapat menyesuaikan dengan situasi dan kondisi yang dihadapi dan kebutuhan bawahan yang dipimpinnya secara relatif.
 
“Gaya kepemimpinan lainnya adalah bergaya bebas dimana dalam gaya kepemimpinan ini, sedikit sekali menggunakan kekuasaannya atau sama sekali membiarkan anak buahnya berbuat sesuka hatinya, pemimpin melimpahkan sepenuhnya kepada anak buahnya dalam menentukan tujuan serta cara yang dipilih untuk mencapai tujuan itu”, tutup Panglima TNI.
 
Dalam pelaksanaan Apel Dansat yang berlangsung selama tiga hari sejak 26 s.d 28 Januari 2015 tersebut, juga dilaksanakan  Olah Yudha Renstra TA. 2016 dan Workshop Penegakan Hukum Di Laut. Pada Apel Dansat tersebut Panglima TNI didampingi Kasal Laksdya TNI Ade Supandi, S.E.
 
Sebelum memberikan pengarahan kepada peserta Apel Dansat TNI AL tahun 2015, Panglima TNI menyempatkan diri untuk melakukan kunjungan kebeberapa tempat seperti PT. PAL dan Resimen Kavaleri-1 (Menkav-1) Marinir Trian Soepraptono di Ujung Surabaya. Pada kesempatan tersebut, Panglima TNI melakukan pengecekan secara langsung kondisi material tempur di Garase Ranpur Menkav-1 Mar. (bhd) 
 
 

 



Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH