Panglima TNI Diminta Bangun Pangkalan Militer di Perairan Aceh Kapolri Jenderal Pol Idham Azis saat memberikan keterangan pers di sela-sela Rapim TNI-Polri, di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (28/1/2020). (Antara Foto/Syaiful Hakim)

Merahputih.com - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto diminta segera membangun pangkalan militer di Perairan Aceh. Hal itu untuk menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Saya berharap Panglima TNI dapat membangun pangkalan militer di Aceh, karena Aceh merupakan salah satu pintu masuk di jalur internasional,” kata Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi Aceh (DPRA) Teuku Raja Keumangan, Jumat (31/1).

Baca Juga

Panglima TNI dan Kapolri Berikan Bantuan dan Perahu Karet ke Korban Banjir di Benhil

Karena, selama ini perairan Aceh menjadi salah satu jalur yang paling sibuk di pelayaran internasional karena menjadi pintu masuk bagi negara asing dalam melakukan kegiatan ekonomi, seperti ekspor dan impor.

Bahkan, selama ini perairan Aceh juga kerap dijadikan sebagai tempat penyelundupan barang-barang berbahaya seperti peredaran narkotika, senjata atau pun barang terlarang lainnya seperti yang ditemukan oleh aparat penegak hukum.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto saat memberikan keterangan pers di sela-sela Rapim TNI-Polri di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (28/1/2020). (Antara Foto/Syaiful Hakim)
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto saat memberikan keterangan pers di sela-sela Rapim TNI-Polri di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (28/1/2020). (Antara Foto/Syaiful Hakim)

Dengan adanya pembangunan pangkalan militer di sekitar perairan Aceh, ia yakin pertahanan keamanan di pintu masuk barat Indonesia akan semakin lebih kuat dan kokoh, sehingga ancaman yang datang dari luar bisa dideteksi dan dilakukan pencegahan dengan mudah.

“Aceh merupakan satu-satunya jalur sibuk dengan perdagangan internasional, sudah saatnya diperkuat pengamanannya oleh TNI, sehingga NKRI semakin lebih kuat dan berdaulat,” beber dia.

Baca Juga

Helikopter yang Ditumpangi Jokowi dan Panglima TNI Tiba-Tiba 'Balik Kanan', Ada Apa?

Pria yang akrab disapa dengan panggilan TRK ini juga mengaku akan mendukung penuh apabila Pemerintah Pusat dan TNI membangun pangkalan militer di sekitar perairan Aceh, karena diharapkan menjadi pengaman utama jalur barat Indonesia dari ancaman pihak asing dan pelaku penyelundup narkotika internasional, tuturnya. (*)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH