Panglima TNI dan Kapolri Pastikan Perayaan Natal di Ibu Kota Aman

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 25 Desember 2019
Panglima TNI dan Kapolri Pastikan Perayaan Natal di Ibu Kota Aman
Panglima TNI dan Kapolri mengunjungi Gereja Katolik Paroki Bunda Hati Kudus Yesus di kawasan Gambir, Jakarta Pusat. (Foto: MP/Kanugrahan)

MerahPutih.com - Kapolri Jenderal Idham Azis dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengunjungi sejumlah gereja dalam rangka mengecek pengamanan Natal dan tahun baru di Ibu Kota Jakarta.

Salah satu gereja yang dikunjungi adalah Gereja Katolik Paroki Bunda Hati Kudus Yesus di kawasan Gambir, Jakarta Pusat.

Baca Juga:

PA 212 Sebut Perayaan Natal Sumbar Tak Pantas Dilarang

Keduanya didampingi sejumlah pejabat terkait seperti Pangdam Jaya Mayjen Eko Margiyono, Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Pramono Eddy, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Harry Kurniawan, Kombes Heru Novianto dan Dandim 0501/JP BS Kolonel (Inf) Wahyu Yudhayana.

Dalam sambutannya, Hadi mengatakan, kunjungan kali ini untuk meyakinkan semua kalangan bahwa Natal kali ini berjalan aman dan damai.

"Setelah beberapa jari kapolda dan pangdam tinjau setiap tempat malam ini dalam kondisi aman. Kami yakin dan datang secara langsung ke tempat ini," kata Hadi di Gereja Bunda Hati Kudus, Jakarta Pusat, Selasa (24/12).

Hadi mengatakan, semua umat kristiani harus bisa ibadah dengan damai.

"Kami ingin menghadirkan kedamaian. Semoga selamanya aman dan damai. Atas seluruh jajaran TNI dan Polri selamat Natal," sebut Hadi.

Hadi kembali mengucapkan selamat kepada jemaat atas nama TNI dan Polri. Hadi mengatakan, TNI-Polri terus menjaga dan menjamin jalannya perayaan Natal agar berjalan aman dan damai.

"Bapak dan Ibu sekalian, kedatangan saya, Panglima TNI, dan Bapak Kapolri ingin mengucapkan selamat merayakan hari Natal tahun 2019. Kami TNI-Polri tetap menjaga dan terus mengamankan jalannya perayaan Natal 2019, damai di hati, damai di bumi," kata Hadi saat memberikan sambutan.

Panglima TNI dan Kapolri mengunjungi Gereja Katolik Paroki Bunda Hati Kudus Yesus di kawasan Gambir, Jakarta Pusat. (Foto: MP/Kanugrahan)
Panglima TNI dan Kapolri mengunjungi Gereja Katolik Paroki Bunda Hati Kudus Yesus di kawasan Gambir, Jakarta Pusat. (Foto: MP/Kanugrahan)

Ia berharap, tidak ada gangguan sedikit pun sehingga perayaan Natal hingga tahun baru 2020.

"Sehingga bisa dilaksanakan dengan khusyuk dengan situasi aman dan damai," ujar Hadi

Sementara, Kapolri Jenderal Idham Azis mengatakan, secara keseluruhan perayaan natal di wilayah Indonesia berjalan aman dan lancar.

"Semua bisa kita capai. Ada pos gabungan dalam rangka perayaan Natal. Kami minta aparat di setiap pos gabungan. Layani umat secara harmonis," kata Idham.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, ada ribuan gereja di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Dari ribuan gereja, anggota memperioritaskan ratusan gereja yang menjadi fokus pengamanan.

Baca Juga:

Misa Malam Natal di Katedral Jakarta Tekankan Pentingnya Keberagaman dan Cinta Kasih

Yusri mengatakan, untuk mengamankan perayaan umat Kristiani tersebut Polri-TNI dibantu oleh organisasi masyarakat (ormas).

"Personel 8.189 untuk Operasi Lilin Jaya 2019 ini sudah turunkan semunya, sejak kemarin hingga 1 Januari, ada bantuan dari ormas-oramas lain, orams agama, ormas pemuda, dari bansos sudah menyatakan iya, 700 personel diturunkan untuk bantu kita, tetapi penempatan mengikuti arahan para petugas keamanan Polri-TNI," ujar dia.

Lebih lanjut Yusri mengharapkan agar seluruh masyarakat khususnya umat kristiani melaksanakan ibadah dengan tertib. Sebab, Polri dan TNI menjamin keamanannya.

"Untuk di dalam pengaman internal, bagaiamana nanti men-setting memeriksa semua orang yang masuk ke dalam, tas-tasnya, kita ke depankan panitia dari gereja, TNI-Polri hanya mendampingi saja. Tetapi sterilisasi tetap kita jalankan," pungkasnya. (Knu)

Baca Juga:

Ribuan Napi Beragama Kristen Diberikan Remisi Khusus Natal

#Natal
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan