Panglima Tegaskan Tolak Pesawat Tempur Sukhoi, Kalau ....

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Selasa, 31 Oktober 2017
Panglima Tegaskan Tolak Pesawat Tempur Sukhoi, Kalau ....
Panglima TNI Gatot Nurmantyo.

MerahPutih.com - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menegaskan, penolakan menerima pesawat tempur Sukhoi SU-35, apabila tidak sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan oleh TNI Angkatan Udara.

"Apabila Pesawat Sukhoi yang datang tidak sesuai dengan spek yang diminta oleh Kasau, maka saya perintahkan untuk dibatalkan, kalau diterima berarti saya dan Kasau melaksanakan Insubkordinasi kepada Presiden Joko Widodo," kata Panglima TNI di Markas Yonkav 7/Sersus Cijantung, Jakarta, Selasa (31/10).

TNI, kata Gatot, akan membeli 11 Pesawat Tempur Sukhoi SU-35 sesuai dengan persyaratan yang diajukan oleh TNI Angkatan Udara untuk memperkuat Pertahanan Udara Nasional.

Panglima TNI mengatakan, pihaknya telah mengirimkan surat kepada Kementerian Pertahanan RI dengan tembusan Presiden Joko Widodo.

"Dalam rapat terbatas, Presiden Jokowi sudah memerintahkan agar pesawat tempur yang dibeli adalah Pesawat Sukhoi SU-35 yang siap tempur," katanya.

Lebih lanjut Panglima TNI mengatakan bahwa Pesawat Sukhoi SU-35 yang akan datang sudah sesuai dengan spek yang diajukan oleh Kasau, sudah siap tempur antara lain dilengkapi persenjataan Air to Air Missile, Air To Ground Missile, Bomb, Ground Suport Equipment, Simulator, Spare Part termasuk mesin cadangan.

"Kalau tidak sesuai dengan spek jangan diterima. Semoga 11 Pesawat Sukhoi yang akan datang sudah dilengkapi sesuai dengan persenjataan yang butuhkan TNI AU. Itu yang menjadi motivasi TNI dalam membeli pesawat tempur dari Rusia," katanya.

Terkait pembelian Alutsista TNI, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menjelaskan bahwa selain membeli Sukhoi SU-35 dari Rusia, TNI juga sudah membeli Pesawat Tempur F-16 dan Helikopter Apache dari Amerika Serikat, yang semuanya dilengkapi dengan persenjataan.

Di samping itu, TNI juga memesan alutsista lainnya dari negara Tiongkok dan negara-negara Eropa. (*)

#Panglima TNI #Jenderal Gatot Nurmantyo #Sukhoi SU-35
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan