Panglima Gatot: Meski Senior, KSAL dan KSAD Siap Dipimpin Marsekal Hadi Panglima TNI Gatot Nurmantyo bersama para kepala staf angkatan di Yogyakarta. (MP/Teresa Ika)

MerahPutih.com - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo ikut mengantar Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Hadi Tjahjanto untuk menjalani uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test sebagai calon Panglima TNI di Komisi I DPR RI.

Jenderal Gatot bersama Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) dan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) mengantar Marsekal Hadi ke DPR sebagai wujud dukungan terhadap calon tunggal Panglima TNI pilihan Presiden Joko Widodo itu.

"Pak KSAD, KSAL seniornya Pak Hadi secara akademik tiga tahun. KSAD dengan KSAL mengatakan kepada saya siap untuk dipimpin Pak Hadi begitu DPR sudah memberikan persetujuan dan Pak Hadi dilantik," ujar Gatot di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (6/12).

Gatot pun mengapresiasi keputusan Presiden Jokowi memilih Marsekal Hadi. Menurut dia, Presiden sudah tepat memilih mantan Kadispen AU tersebut lantaran jenjang karir dan prestasi Hadi cukup memuaskan.

"Presiden sangat tepat memilih Pak Hadi karena sudah menjabat KSAU. Sudah bersama kami berdiskusi," tandas Gatot.

Lebih lanjut Gatot menuturkan, kehadiran dirinya dalam mengantar Marsekal Hadi ke DPR sebagai sinyal bahwa ketika mantan Sekretaris Militer Presiden itu dilantik Gatot akan ikhlas menyerahkan tongkat komando TNI kepada Hadi.

"Kami yakin bahwa Pak Hadi mampu memimpin khsusnya menghadapi tahun politik," tegas Gatot.

Diketahui, Presiden Joko Widodo resmi mengajukan nama Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai calon Panglima TNI menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo yang akan memasuki masa pensiun pada Maret 2018 mendatang.

Marsekal Hadi Tjahjanto saat ini tengah menjalani uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test sebagai calon Panglima TNI di Komisi I DPR. (Pon)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Marsekal Hadi Minta Didoakan Sebelum Uji Kelayakan

Kredit : ponco


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH