Panggung Upacara HUT Ke-75 RI Sudah Berdiri di Istana Presiden Suasana di depan kompleks Istana Presiden, Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, jelang peringatan HUT RI ke-75. (Foto: MP/Asropih)

MerahPutih.com - Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-75 berbeda dengan tahun sebelumnya karena masih masa pandemi COVID-19.

Kompleks Istana Presiden yang berlokasi di Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat sudah terbangun panggung di halaman Istana Jakarta untuk perayaan upacara HUT RI ke-75.

Baca Juga:

Jokowi Ungkap Keprihatinan Hilangnya Kegembiraan dan Karnaval HUT RI

Terlihat juga dengan jelas sudah ada sejumlah bangku yang berdiri di pelataran gedung Istana berwarna emas. Pagar yang mengelilingi Istana Negara pun terpasang bendera dan umbul-umbul merah putih.

Di panggung telah terpasang jimmy jib camera di depan halaman Istana Negara dan beberapa sound system sebagai sumber suara panggung nantinya saat upacara 17 Agustus.

Dalam HUT RI ke-75, Indonesia mengambil tema peringatan hari 17 Agustus 2020 bertajuk "Indonesia Maju". Indonesia Maju menggambarkan sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Suasana di depan kompleks Istana Presiden, Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, jelang peringatan HUT RI ke-75. (Foto: MP/Asropih)
Suasana di depan kompleks Istana Presiden jelang peringatan HUT RI ke-75. (Foto: MP/Asropih)

Logo HUT ke-75 RI mempunyai tujuan di periode pemerintahan Jokowi dan Ma'ruf Amin yaitu pembangunan infrastruktur, SDM, menciptakan lapangan kerja hingga pemberdayaan UMKM.

Bergeser ke Taman Pandang Istana atau tepat di depan Istana Negara, sudah berjejer sejumlah kendaraan taktis milik Brimob seperti kendaraan meriam air dan Baraccuda. Bahkan, anggota Brimob juga berjaga di sekitar Istana negara itu.

Kemudian tak ada yang berbeda dari hari-hari biasa saat menyisir Jalan Merdeka Barat. Hampir sama pada hari sebelumnya. Hanya saja gedung-gedung milik pemerintah dan BUMN terpasang bendera dan umbul-umbul merah putih.

Baca Juga:

HUT RI, Pasar Digital UMKM Bakal Diluncurkan

Pemerintah daerah yang biasanya sibuk saat menjelang perayaan 17 Agustus kini nampak biasa di gedung Balai Kota DKI.

Kantor Anies itu belum juga berdiri panggung untuk upacara HUT Kemerdekaan RI. Terpampang bendera merah putih berdiri tegak di pagar dan halaman Balai Kota.

Pemprov DKI direncanakan akan menggelar upacara 17 Agustus di halaman Balai Kota DKI pada Senin (17/8) mendatang. Tamu yang hadir dibatasi, hal itu untuk menghindari kerumunan warga di tengah pandemi COVID-19.

Tahun-tahun sebelumnya, saat HUT RI, Pemda DKI melaksanakan upacara di luar Balai Kota seperti Lapangan Banteng, Monas, ddan pulau reklamasi. Tapi akibat corona, kegiatan itu digelar di kantor sendiri.

Sedangkan di kawasan Jalan Merdeka Timur suasananya seperti hari biasa tapi gedung-gedung yang ada di sana memasang bendera merah putih. Seperti terlihat di kantor Kementerian Perikanan (KKP). (Asp)

Baca Juga:

Pemkot Yogyakarta Larang Warga Gelar Malam Tirakatan HUT ke-75 RI

Kredit : asropihs

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH