Selebritas

Pangeran William dan Harry Hormati Patung Ulang Tahun ke-60 Putri Diana

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Jumat, 02 Juli 2021
Pangeran William dan Harry Hormati Patung Ulang Tahun ke-60 Putri Diana
Istri William Kate Middleton tidak hadir, begitu pula istri Harry, Meghan Markle. (Foto: cnn.com)

PANGERAN Harry dan Pangeran William berkumpul untuk menghormati mendiang ibu mereka, Putri Diana pada hari yang seharusnya menjadi ulang tahunnya yang ke-60.

Kakak beradik itu bersatu kembali di rumah masa kecil mereka, Istana Kensington, pada hari Kamis (1/7), untuk mengungkap patung yang menggambarkan ibu mereka dengan tiga anak. Patung ini mencerminkan pekerjaan Diana untuk mendukung dan mengasuh anak-anak di seluruh dunia.

Baca juga:

Pangeran William dan Kate Middleton Rayakan Satu Dekade Pernikahan Lewat Sesi Foto Romantis

"Pada hari yang akan menjadi ulang tahun ke-60 Ibu, kami mengingat cinta, kekuatan, dan karakternya, kualitas yang membuatnya menjadi sumber kebaikan di seluruh dunia, mengubah banyak kehidupan menjadi lebih baik," kata William dan Harry dalam pernyataan bersama yang diberitakan people.com (1/7).

Duke of Cambridge dan Duke of Sussex dalam pembukaan patung ibu mereka Diana, Princess of Wales. (Foto: bbc.com)

"Setiap hari kami berharap dia masih bersama kami, dan harapan kami adalah patung ini akan dilihat selamanya sebagai simbol kehidupan dan warisannya."

Berterima kasih kepada tim yang membantu menghidupkan patung dan taman, mereka juga mengungkapkan penghargaan mereka untuk semua orang di seluruh dunia yang menjaga kenangan Putri Diana tetap hidup.

Acara tersebut menampilkan reuni hangat antara kakak beradik untuk pertama kalinya bersama sejak pemakaman kakek mereka Pangeran Philip pada bulan Mei. Mereka bertukar salam dengan anggota keluarga Diana, termasuk saudara laki-lakinya, Charles, Earl Spencer ke-9, dan saudara perempuannya, Lady Sarah McCorquodale dan Jane Fellowes, Baroness Fellowes.

Rencana pembuatan patung Putri Diana pertama kali diumumkan pada Februari 2017, tahun peringatan banyak kehidupan Diana. Tahun tersebut menandai 20 tahun sejak dia meninggal dalam kecelakaan mobil di Paris pada usia 36 tahun.

Baca juga:

7 Anggota Keluarga Kerajaan Inggris yang Gantikan Tugas Pangeran Philip

Acara hari Kamis tersebut dilakukan terbatas karena pandemi COVID-19 masih berlangsung di Inggris. Di antara yang hadir adalah anggota keluarga dekat Putri Diana, anggota komite patung, pematung patung Ian Rank-Broadley dan Pip Morrison, serta perancang Taman Sunken. Istri William Kate Middleton tidak hadir, begitu pula istri Harry, Meghan Markle.

Penghormatan untuk Putri Diana terlihat di luar Istana Kensington pada hari ulang tahunnya. (Foto: bbc.com)

Belakangan, hubungan kakak beradik William dan Harry telah mengalami keretakan. Banyak yang berharap hubungan itu akan membaik dalam momen kebersamaan dan persatuan keluarga yang jarang-jarang bisa terjadi di tengah pandemi global. Salah satu kesempatan tersebut adalah pemakaman Pangeran Philip.

Setelah seremonial pemakaman, untuk sesaat, mereka mengobrol sebentar saat masih terlihat oleh publik di luar Kapel St. George. Namun, ternyata kemudian terjadi pertengkaran antara William dan Harry. "Dalam beberapa menit setelah saudara kandung masuk ke dalam kastil dan di luar penglihatan kamera," demikian menurut sejarawan Robert Lacey, pakar kerajaan yang menjadi konsultan 'The Crown'.

Menurut Andrew Morton, perselisihan yang berkelanjutan antara putra-putranya ini akan membuat mendiang Diana sangat marah. Morton bekerja secara sembunyi-sembunyi dengan sang putri dalam biografinya tahun 1992 bertajuk 'Diana: Her True Story'.

Dan pada pembukaan pantung itu, tampaknya kakak beradik itu bersatu kembali dengan bahagia. Keduanya menghormati ibu mereka dalam momen perayaan dan kebersamaan yang telah lama ditunggu-tunggu. (aru)

Baca juga:

Kalung Mutiara Mewah Kate Middleton di Upacara Pemakaman Pangeran Philip

#Pangeran Harry #Pangeran William #Putri Diana #Selebritas
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan