Pangdam Jaya Jamin Keamanan dan Keselamatan Warga Papua di Jakarta Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono (MP/Gomes)

MerahPutih.Com - Panglima Kodam Jakarta Raya, (Pangdam Jaya), Mayjen TNI Eko Margiyono mengatakan, pihaknya bakal menjamin keamanan dan keselamatan semua warga Papua yang berdomisili di Jakarta.

Jaminan itu disampaikan Pangdam Jaya sebagai jawaban atas keresahan warga dan mahasiswa Papua terhadap intimidasi dan diskriminasi yang dialami sejumlah mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang, Jawa Timur beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Terkait Pemberian Miras Kepada Mahasiswa Papua, Kapolda Jabar Minta Maaf

"Saya memastikan terhadap keamanan yang ada di Jakarta untuk mendapat hak yang sama, karena tidak ada satupun mendapat intimidasi dari siapapun," kata Pangdam Jaya, Mayjen TNI Eko Margiyono, di Mapolda Metro Jaya, Jumat, (23/8).

Pangdam Jaya bersama warga Papua di Jakarta
Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono bersama Kapolda Metro Jaya dengan perwakilan warga Papua di Jakarta (MP/Gomes)

Menurut Eko, setiap persoalan kalau tidak diatasi dengan baik ke depannya berpotensi menjadi perang. Berbicara perang kedepannya beber Eko, tidak mungkin lagi bicara perang konvensional.

"Dulu kita mengenal ada yang disebut dengan perang asimetris proxy War dan lain sebagainya. Hal itu terjadi, lantaran adanya sebagian negara yang tidak senang melihat bahwa indonesia itu maju, "kata dia.

Oleh karena itu, negara yang tak suka dengan Indonesia saat ini, akan melakukan berbagai cara, untuk menghambatnya. Kalau kita berkaca, atau flashback pada 20 tahun yang silam saat bangsa ini mengalami peristiwa krisis. Tak hanya itu saja, bahakn sebagian pengamat pun, sudah mengatakan bahwa indonesia ini akan hancur, indonesia akan tenggelam seperti negara-negara yang ada di belahan dunia saat ini.

"Meski besok bangsa ini kiamat, maka hari ini bangsa kita masih akan tetap eksis, itulah tugas dan kewajiban kita semuanya untuk menjaganya,"terangnya.

Untuk itu, Mayjen Eko mengimbau masyarakat seluruhnya, jangan sampai kita terprovokasi yang terjadi di media sosial belakangan ini.

Warga dan Mahasiswa Papua bersama Pangdam Jaya
Mahasiswa dan warga Papua di Jakarta dijamin keamanannya oleh Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono (MP/Gomes)

"Saya tahu persis banyak sekali berita-berita kebohongan yang sengaja memang diciptakan, tapi syukur alhamdulillah satu tahapan itu sudah kita berhasil melewati Jakarta tetap aman sampai sekarang ini," kata dia.

Baca Juga: Temuan Vandalisme "Papua Merdeka" di Solo, Kapolresta: Pelakunya Bukan Orang Papua

Meskipun secara langsung tidak ada kaitan dengan Jakarta, pada peristiwa yang terjadi di Malang dan Surabaya beberapa waktu lalu itu. Mari kita Cinta bangsa ini, jangan sampai kita termakan oleh berita-berita bohong tersebut.

"Sekali lagi, media sosial adalah salah satu cara yang paling mudah untuk digunakan dalam rangka mencapai kita semuanya mengadu domba kita semua," tandasnya.

Kepada para tokoh masyarakat Papua, dan Papua Barat, maupun adik-adik yang sedang sekolah maupun sedang kuliah yang berada di Jakarta saat ini, jangan ada rasa takut sedikitpun.

"Kami semua aparat keamanan baik TNI maupun Polri akan melindungi kami adalah orang yang terdepan untuk melindungi kita semuanya," tutup Mayjen TNI Eko Margiyono.(Gms)

Baca Juga: Berikan Miras ke Mahasiswa Papua, Kapolsek Sukajadi Terancam Dihukum Berat



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH