Pangdam Cenderawasih Mayjen Herman Asaribab Tegaskan Kondisi Wamena Sudah Kondusif

Eddy FloEddy Flo - Selasa, 08 Oktober 2019
 Pangdam Cenderawasih Mayjen Herman Asaribab Tegaskan Kondisi Wamena Sudah Kondusif
Pangdam Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab (Foto: antaranews)

MerahPutih.Com - Keraguan sejumlah pihak terkait situasi keamaan di Wamena pasca-kerusuhan dijawab tegas oleh Pangdam Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab.

Menurut Pangdam, saat ini kondisif Wamena sudah kondusif sehingga pemerintah bersama aparat TNI dan Polri terfokus pada pemulihan situasi agar aktivitas ekonomi, pendidikan, kesehatan dan pemerintahan bisa berjalan normal.

Baca Juga:

Polda Papua Benarkan Ada Sekitar 22 Jemaah Tablig dari Jawa yang Berada di Jayapura

"Sekarang tidak ada lagi eksodus pengungsi dari Wamena. Yang ada, bagaimana kita secepatnya memulihkan situasi di Kota Wamena agar semua sektor bisa kembali bergerak," kata Mayjen Asaribab di Timika, Selasa (8/10).

Pangdam Cenderawasih pastikan situasi Wamena sudah kondusif
Pangdam Cenderawasih Mayjen Herman Asaribab memberikan keterangan persi di Timika (Foto: antaranews)

Putra asli Papua yang baru memegang tongkat komando Kodam XVII Cenderawasih sejak 18 September 2019 itu berharap situasi di Wamena, Ibu Kota Kabupaten Jayawijaya secepatnya bisa pulih kembali seperti sedia kala.

Adapun terhadap masih adanya pengungsi yang eksodus dari Wamena maupun dari Ilaga baik ke Jayapura, Biak maupun Timika saat ini, katanya, lantaran mereka merasa masih belum aman.

"Yang mungkin dilihat oleh saudara-saudara kita yang turun dari gunung itu karena merasa belum nyaman. Mungkin setelah situasi benar-benar aman mereka akan kembali ke sana," ujarnya.

Baca Juga:

Sudah 15 Ribu Pengungsi Keluar dari Wamena Pasca Kerusuhan

SSebagaimana dilansir Antara, situasi di Ilaga, Ibu Kota Kabupaten Puncak yang beberapa waktu terakhir sering mengalami teror penembakan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB), menurut Pangdam, saat ini situasinya sudah mulai kondusif.

"Kasus di Ilaga itu sudah ditangani. Personel yang dikirim ke sana hanya untuk menjaga keamanan saja. Bupati Puncak bersama Pemda dan TNI-Polri di sana melaporkan wilayahnya sudah kondusif. Kami harapkan kegiatan perekonomian maupun pelayanan pendidikan dan kesehatan di sana juga sudah bisa diaktifkan kembali," pungkas Mayjen Asaribab.(*)

Baca Juga:

Veronica Koman Dinilai Diskreditkan Pemerintah Indonesia di Luar Negeri

#Kerusuhan Massa #Konflik Papua #Pengungsi #TNI-Polri
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan