Panelis dan Moderator Debat Capres Kedua Teken Pakta Integritas, Ini Isinya Pasangan capres dan cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga. Foto:KPU/Ist

MerahPutih.com - Panelis dan Moderator Debat Capres Kedua menandatangani pakta integritas yang diajukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Hotel Sari Pasific, Jalan MH Thamrin Jakarta, Sabtu (9/2).

Penandatanganan perjanjian tersebut sebagai bentuk komitmen untuk merahasiakan narasi dan soal debat capres kedua yang akan digelar pada 17 Februari 2019 mendatang.

"Berbeda dengan yang pertama maka di debat kedua KPU dituntut untuk merahasiakan semua pertanyaan yang akan diajukan kepada capres/cawapres dan KPU kemudian menginisiasi penandatanganan pakta integritas," kata Ketua KPU Arief Budiman di lokasi, Sabtu (9/2).

Para panelis dan moderator debat capres menandatangani pakta integritas. (MP/Fadli)
Para panelis dan moderator debat capres menandatangani pakta integritas. (MP/Fadli)

Dia berharap, setelah meneken perjanjian tersebut, seluruh panelis dan moderator debat dapat menjaga profesioalismenya dalam bertugas. Sehingga debat nanti dapat berjalan baik, menarik, dan pesannya tersampaikan.

"Saya percaya profesionalisme tokoh-tokoh besar ini tidak akan merelakan kredibilitasnya, integritasnya untuk kemudian tidak melaksanakan tugas yang diberikan negara dengan baik," ucap Arief.

Berikut isi Pakta Integritas untuk Moderator dan Panelis:

#Moderator

1. Secara bersungguh-sungguh akan melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai moderator debat kedua secara profesional efektif dan efisien serta memberikan perlakuan adil dan proporsional kepada peserta debat.

2. Memiliki integritas tinggi jujur simpatik dan tidak memihak kepada salah satu paslon dengan:
- Tidak menjadi anggota parpol
- Tidak jadi anggota tim atau pelaksana kampanye paslon.
- Tidak sedang menduduki jabatan sebagai anggota ahli tim atau sebutan lain yang bertugas atau membantu pada pemerintahan termasuk kementerian lembaga kepresidenan dan wapres
- Tidak pernah terlibat atau menjadi anggoga pada organisasi dilarang dalam NKRI.

3. Tidak melakukan permintaan dan perjanjian dalam bentuk apa pun baik langsung maupun tidak yang bertentangan dengan prinsip pemilu yang jurdil.

4. Tidak akan membocorkan materi pertanyaan isu strategis debat kepada siapa pun dan pihak mana pun.
Apabila saya melanggar pernyataan dalam pakta integritas ini saya bersedia dikenakan sanksi sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

#Panelis

1. Secara bersungguh-sungguh akan melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai panelis debat kedua secara profesional efektif dan efisien.
- Memperdalam dan menggali tema yang telah ditetapkan yaitu energi dan pangan, SDA, dan lingkungan hidup serta infrastruktur.
- Menyatakan menyusun materi pernyataan isu strategis yang akan disampaikan oleh moderator kepada peserta debat.

2. Memiliki integritas tinggi jujur simpatik dan tidak memihak kepada salah satu paslon dengan:
- Tidak menjadi anggota parpol
- Tidak jadi anggota tim atau pelaksana kampanye paslon.
- Tidak sedang menduduki jabatan sebagai anggota ahli tim atau sebutan lain yang bertugas atau membantu pada pemerintahan termasuk kementerian lembaga kepresidenan/wapres.
- Tidak pernah terlibat atau menjadi anggoga pada organisasi yang dilarang dalam NKRI.

3. Tidak melakukan permintaan dan perjanjian dalam bentuk apa pun baik langsung maupun tidak yang bertengtangan dengan prinsip pemilu yang jurdil.

4. Tidak akan membocorkan materi pertanyaan isu strategis debat kepada siapa pun dan pihak mana pun. Apabila saya melanggar pernyataan dalam pakta integritas ini saya bersedia dikenakan sanksi sesuai peraturan perundangan yang berlaku. (Fdi)

Kredit : fadhli


Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH