Kupas Tuntas Produk 'Complexion' buat 'Makeup Rookie' Ragam complexion untuk makeup (Sumber: Beyond Words)

SEMUA perempuan tentu ingin terlihat flawless dan tanpa cela. Kondisi kulit yang bermacam-macam membuat tak semua dari kita bisa memiliki kulit yang mulus. Untuk mengatasi hal tersebut, berbagai brand kosmetik pun memperkenalkan produk complexion andalannya. Kian hari complexion yang beredar pun semakin beragam. Jika dulu mungkin kita hanya mengenal bedak dan foundation kini kita bisa menemukan lebih banyak produk complexion seperti concealer, contour, bronzer, setting powder, dan masih banyak lagi.

Banyaknya produk yang tersedia tentu membingungkan mereka yang masih pemula dalam dunia per-makeup-an. Berikut panduan lengkap buat kamu yang masih pemula:

1. Primer

Primer
Primer (Sumber: Howcast)

Primer berfungsi untuk membuat basis yang rata sebelum mengaplikasikan berbagai produk kosmetik. Pengaplikasian primer sebelum make-up lainnya membuat permukaan wajah lebih halus dan layaknya kanvas sempurna. Primer membuat make-up tahan lebih lama dan mengurangi "penampakan" pori-pori di wajah. Tak hanya itu, primer juga bisa menutupi kemerahan di wajah, melembabkan kulit dan melindungi kulit dari radikal bebas. Primer memiliki hasil akhir berbeda mulai dari matte atau dewy. Sesuaikan dengan seleramu.

2. Foundation

Foundation
Foundation (Sumber: Marie Claire)

Foundation dirancang untuk menghaluskan dan meratakan warna kulit. Cakupan foundation pun cukup kompleks dan beragam. Pastikan coverage yang ditawarkan sesuai dengan kondisi kulitmu dan hasil akhir yang diinginkan. Light coverage menciptakan lapisan tipis untuk wajah sehingga cocok untuk kamu yang ingin tampilan sangat minimalis dan ingin tekstur alami kulit nampak. Sementara foundation full coverage banyak dipilih oleh mereka yang memiliki bekas jerawat, hiperpigmentasi, atau bekas luka. Konsistensinya yang tebal membuat foundation full coverage mampu menutup noda dengan sempurna.

3. Concealer

Concealer
Concealer (Sumber: Cosmopolitan)

Concealer digunakan untuk mencerahkan bawah mata dan menyembunyikan lingkaran hitam di bawah mata, noda bekas jerawat, atau bekas luka. Concealer juga bisa dugunakan untuk membentuk kontur wajah untuk memberi kesan lebih hidup di beberapa titik wajah. Concealer terbagi atas pilihan matte untuk kulit berminyak, dewy untuk kulit kering dan radiant untuk kulit yang kusam. Sesuaikan concealer dengan kebutuhan kulitmu.

4. Contour

Contour
Contour (Sumber: Elle)

Contour digunakan untuk membuat bayangan pda wajah sehingga membuat wajah tampak berdimensi dan seperti pahatan sempurna. Contour terbagi akan dua pilihan yakni powder dan krim. Contour yang powder cocok untuk pemula karena mudah diaplikasikan. Sementara contour krim sangat bagus untuk membuat kontur yang lebih alami. Kontur biasanya memiliki tone warna dingin, cokelat, atau abu-abu karena berguna untuk menciptakan ilusi bayangan. Area yang sering diaplikasikan kontur adalah tulang pipi, tulang hidung, dan dahi.

5. Bronzer

Bronzer
Bronzer (Sumber: Look Fantastic)

Bronzer memberikan efek wajah yang hangat dan bercahaya layaknya terpapar matahari. Meskipun terkesan mirip contour, bronzer memiliki tone warna oranye dan umumnya terlihat lebih alami. Aplikasikan bronzer di tulang pipi, hidung, dan dahi.

6. Highlighter

Highlighter
Highlighter (Sumber: Lifealth)

Highlighter berguna untuk menyoroti titik-titik tertinggi di wajah dan memberikan hasil akhir yang bercahaya dan lembab. Fungsi tersebut membuat highlighter memiliki formula mengkilap. Ada berbagai macam highlighter seperti powder, krim, atau cair.

7. Blush

Blush
Blush (Sumber: Proprofs)

Blush digunakan untuk menambah rona pada pipi. Blush bisa memberi kesan seksi, manis, hingga menggemaskan padamu. Kamu bisa memilih blush krim, bubuk atau cair. Seringkali kaum hawa lebih senang memilih blush powder karena mudah diaplikasikan. Psst! Kamu juga bisa memanfaatkan lipstik sebagai blush loh.

8. Setting Powder

Setting powder
Setting powder (Sumber: Sephora)

Setting powder diformulasikan dengan sangat ringan dan tanpa warna. Meski demikian, manfaatnya untuk penampilan sangat besar. Bedak yang diaplikasikan paling akhir ini dapat menentukan hasil akhir dari makeup. Sesuai namanya setting powder mengatur makeup agar tetap terlihat di tempatnya sepanjang hari. Selain itu, setting powder juga berfungsi untuk menyerap keringat dan membuat makeup terhindar dari keretakan.(avia)

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH