Panduan Paling Mudah buat Kamu yang Ingin Pangkas Poni Sendiri Kamu bisa memotong poni sendiri dengan teknik yang benar. (Foto: Pixabay/StockSnap)

KALAU poni kamu sudah mulai panjang dan menutupi mata, tandanya kamu harus cepat-cepat ke salon kesayangan. Tapi tunggu dulu, sebelum berangkat kamu sebetulnya bisa melakukannya sendiri.

Di sini memang tidak betul-betul disarankan untuk yang benar-benar pemula. Hal itu karena memotong poni merupakan pekerjaan seorang profesional, kalau kamu gak mau kamu terlihat aneh di bagian depan.

Baca Juga:

Rambut Pendek Perawatan Harus Maksimal

Nah, ketika memotong poni sendiri, sebelum mulainya, kumpulkan perlengkapan. Kamu akan membutuhkan sisir, beberapa jepit rambut besar, dan sepasang gunting baja stainless tajam dan runcing. Dikutip Real Simple, panduan mudah untuk memotong poni sendiri.

1. Keringkan dan rapikan poni kamu

Pertama keringkan dan rapikan poni. (Foto: Pixabay/Deedee86)
Pertama keringkan dan rapikan poni. (Foto: Pixabay/Deedee86)

Rambut basah bakal menyusut ketika mengering dan bisa berakhir dengan poni yang terlalu pendek. Keringkan dan ratakan pinggiran rambut dengan cara yang biasa kamu lakukan, apakah itu disisir ke satu sisi atau lurus ke bawah.

Sekarang, pisahkan bagian poni dan jepit sisa rambut kamu. "Karena sebagian besar poni sedikit lebih panjang di setiap sisi, dan karena ujung-ujung ini tidak menutupi mata, cukup jepit saja," kata penata rambut dan ahli potong poni Mylo Carrion di Rita Hazan Salon, NYC.

2. Siapkan poni kamu untuk dipotong

Siapkan poni kamu dengan ukuran yang kamu inginkan. (Foto: Pixabay/pattyann)
Siapkan poni kamu dengan ukuran yang kamu inginkan. (Foto: Pixabay/pattyann)


Ratakan pinggiran dengan sisir, posisikan seperti biasanya. Letakkan sisir ke bawah, dan letakkan bagian poni di antara jari tengah dan telunjuk tangan. Geser jari kamu ke bawah ke alis dan letakkan di sana untuk menahan poni di tempatnya.

Jangan menarik rambut ke bawah dengan kencang karena itu bisa mengakibatkan poni terlalu pendek. Lebarkan jari-jari untu melindungi wajah kamu dari gunting yang runcing.

Baca Juga:

Rambut Pun Dapat Menyebabkan Jerawat


3. Potong bagian panjang poni

Hal pertama yang dilakukan potong bagian terpanjang poni. (Foto: Pixabay/1643606)
Hal pertama yang dilakukan potong bagian terpanjang poni. (Foto: Pixabay/1643606)

Pegang gunting secara horizontal di tangan yang berlawanan dan pangkas rambut yang tergantung di bawah jari-jari kamu. Potong ini seolah-olah kamu sedang memotong selembar kertas, dalam dua atau tiga potongan.

"Jika poni kamu sedikit miring ke satu sisi, maka pegang jari-jari kamu pada sudut. Sekali lagi, gunakan jarimu sebagai panduan dan potong rambut di bawah garis, di sudut itu."

4. Sentuhan akhir untuk merapikan garis poni

Berikan sentuhan akhir setelah kemu memotong poni. (Foto: Pixabay/lady1malina)
Berikan sentuhan akhir setelah kemu memotong poni. (Foto: Pixabay/lady1malina)


Sekarang setelah kamu mendapatkan panjang seperti yang kamu inginkan, pegang bagian pinggiran dengan dua jari kamu, pegang gunting secara vertikal, lalu potong dengan bentuk "V" dari ujung ke ujung.

Jangan berlebihan, cukup rapikan ujung-ujungnya sedikit saja. "Ini memberi poni sedikit bentuk," jelas Carrion, "dan itu mempercantik garis poni jika tidak dipangkas lurus sempurna." (*)

Baca Juga:

Mewarnai Rambut Bisa Menyebabkan Mual

Kredit : zulfikar

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH