Panduan Lengkap Penting Bagi Kamu yang Mau Melancong Ke Luar Negeri Ada banyak persiapan untuk melancong ke luar negeri (Foto: Pexels/NastyaSensei Sens)

MELANCONG ke luar negeri pasti diinginkan setiap orang. Saatnya berwisata dengan merasakan suasana baru. Namun, melancong ke luar negeri membutuhkan banyak persiapan. Enggak mudah seperti kamu melancong di kawasan Indonesia.

Supaya melancong ke luar negeri kamu lancar jangan sampai ada persiapan yang luput. Nantinya kamu yang bakal kerepotan. Acara melancong kamu pun bisa jadi gagal total. Nah, seperti yang dilansir laman Small Business Trends, berikut ini panduan lengkap untuk kamu yang ingin melancong ke luar negeri.

Paspor ialah dokumen terpenting (Foto: Pexes/rawpixel.com)

1. Paspor yang up to date

Jangan sampai paspor kamu kadaluarsa. Meskipun kamu sudah pernah membuat paspor, pastikan kembali tanggal berlakunya. Selalu perbarui paspor kamu saat memasuki tenggat waktu. Kalau tidak kamu bisa ditahan pihak keamanan negara orang lain gara-gara paspor.

2. Fotokopi paspor berwarna

Paspor ialah identitas terpenting kamu di negara orang lain. Buat fotokopi atau salinan paspor yang berwarna setidaknya lebih dari dua lembar. Kamu bisa menyimpannya di tas dan juga di kamar penginapan untuk berjaga-jaga kalau paspor asli kamu hilang.

3. Dapatkan visa sesuai keperluan

Selain paspor visa juga sangat penting. Ajukan permohonan visa dan ketahui persyaratan khusus yang diperlukan agar kamu tidak bolak-balik hanya untuk mengurus visa.

4. Beritahu departemen luar negeri

Mungkin kamu punya kenalan di Deplu. Beritahu orang Deplu mengenai keberadaan kamu di negara lain. Hal ini perlu dilakukan demi keamanan kamu selama berada di sana.

5. Bawa outlet listrik dari rumah

Outlet listrik yang dimiliki setiap negara berbeda-beda. Bisa jadi di negara tujuan kamu juga begitu. Jangan sampai saat tiba di negara orang lain benda elektronik kamu tidak ada yang berfungsi.

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH