Panduan Lengkap Menjadi Pria Sejati Menjadi pria sejati merupakan tugas berat. (Foto: Unsplash/Karl Fredrickson)

TAJIR melintir dan berusia matang belum menjamin kamu ialah pria sejati. Jadi pria itu berat. Di samping harus menafkahi keluarga, kamu juga dituntut untuk jadi sempurna. Sifat, kemampuan, dan sikap yang kamu miliki menentukan kamu pria sejati atau bukan.

Laman Bright Side memuat dalam artikelnya pria sejati memiliki 12 hal ini. Menguasai semuanya memang sulit. Tapi jika salah satunya ada pada diri kamu, setidaknya kamu sudah memiliki kualitas pria sejati. Apa saja?

Baca juga:

10 Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Ganteng Seketika, Pria Wajib Baca!

1. Memiliki kecerdasan

Kita tidak membicarakan berapa IQ yang kamu miliki. Pria cerdas minimal tidak sembrono dalam menghadapi setiap masalah. Dia akan berhati-hati dalam mengambil keputusan, dan siap menanggung risikonya. Mengapa pria harus memiliki kecerdasan? Sebab, perempuan sebenarnya lebih senang mengandalkan pasangannya.

2. 'Tukang' andalan di rumah

Pria sejati harus mampu menggunakan palu untuk memasang sesuatu di dinding, membetulkan keran, membersihkan kompor, hingga memasang gas. Jangan sampai ketika ada masalah rumah tangga tadi, kamu malah memanggil tetangga.

3. Sopan santun

Dari kecil tentu kamu sudah diajari untuk memiliki sopan santun. Sifat ini harus terus kamu wariskan dalam diri kamu sampai tua nanti. Malu dong kalau mertua datang ke rumah, kaki kamu ada di atas meja saat duduk berbincang dengannya.

Pria sejati harus pengertian dengan keluarga. (Foto: Unsplash/Nathan Dumlao)

4. Pengertian

Pengertian tidak selalu mengalah saat istri sedang marah. Sifat ini harus kamu terapkan juga saat menghadapi anak. Si kecil suka bermain spidol dan mencorat-coret wajah kamu? Biarkan dia melakukannya. Jadilah ayah penyayang yang mengerti kapan harus menuruti kemauan anak.

5. Dapat diandalkan

Apapun situasinya, kamu harus menjadi yang paling utama untuk diandalkan. Hal sepele seperti ada masalah pada listrik rumah, harus kamu yang selalu siap sedia untuk mengajukan keluhan ke operator. Begitu juga saat TV kabel dan internet bermasalah, masa iya istri kamu yang sudah lelah seharian memasak harus menghubungi layanan customer service?

6. Romantis

Boleh-boleh saja kamu menjadi sosok pendiam. Tapi harus romantis juga dong. Romantis tidak melulu melalui kata-kata gombalan yang membuat dia melayang. Cara kamu memperlakukannya seperti ikut terlibat merapikan meja makan sudah membuktikan kamu sosok romantis. Menaruh handuk di tempatnya setelah mandi juga bukti kamu romantis dengan pasangan.

Baca juga:

Pria, Please, Jangan Lakukan ini pada Rambutmu

7. Dermawan

Menjadi dermawan jangan langsung berpikir tentang uang. Membuat orang lain merasa lebih baik juga menunjukkan kamu memiliki sifat dermawan. Bersimpatilah, dan kemudian berempati terhadap orang sekitar. Tak ada salahnya sesekali kamu meminjamkan mobil kepada tetangga saat dia butuh.

8. Bugar

Kunci memiliki energi dan bugar sepanjang hari ialah rajin berolahraga. Pria sejati tidak boleh malas, apalagi rebahan di pagi hari. Pakai sepatu olahraga, lalu jogging minimal 15 menit. Lakukan juga olahraga yang membangun massa otot. Jika malas ke gym, gerakan simpel seperti push up dan sit up asalkan rutin dilakukan cukup membuat tubuh bugar.

9. Punya selera humor

Jangan kaku saat berinteraksi dengan orang lain. Sesekali berikan humor pada lawan bicara dan juga pasangan kamu. Namun, jangan melucu berlebihan, nanti garing dan bikin orang lain ilfeel. Ketahui kapan harus serius, dan kapan harus bercanda.

Pria sejati juga harus punya selera humor. (Foto: Unsplash/Bruce Mars)

10. Perhatian

Beri perhatian kapanpun terhadap keluarga di rumah. Anggota keluarga kamu selalu membutuhkan perhatian kamu. Kuncinya adalah menjadi pendengar yang baik. Setelah mendengarkan segala keluhan, kamu pun harus bisa memberikan solusi.

11. Unik

Tidak ada batasan keunikan apa yang harus kamu miliki. Hanya kamu sendiri yang tahu keunikan apa yang ada dalam diri kamu. Cari keunikan tersebut, dan pertahankan.

12. Maskulin

Maskulinitas adalah kombinasi dari kualitas diri seperti memiliki ketabahan, kemurahan hati, keberanian, dan kemuliaan. Ini adalah seperangkat sifat yang tidak akan ditolak perempuan mana pun. Jika kamu memiliki maskulinitas, kamu sudah siap berkeluarga. (ikh)

Baca juga:

Pria, Pilihlah Potongan Rambut yang Sesuai Bentuk Wajah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Bukan Digigit Zombie, ini 4 Penyebab Hidung Mimisan
Hiburan & Gaya Hidup
Sineas Myanmar Ma Aeint Hilang, Ditangkap Tentara
ShowBiz
Sineas Myanmar Ma Aeint Hilang, Ditangkap Tentara

Pihak keluarga sampai saat ini belum mengetahui keberadaan Ma Aeint.

YouTube Hadirkan Fitur untuk Mudahkan Percepat Video
Fun
YouTube Hadirkan Fitur untuk Mudahkan Percepat Video

YouTube sedang menguji coba fitur untuk menemukan gerakan geser yang bagus, lebih cepat, dan lebih mudah di aplikasi Android.

Rimar Callista Hadirkan Single 'Waktu dan Perhatian'
ShowBiz
Rimar Callista Hadirkan Single 'Waktu dan Perhatian'

Juara ajang pencarian bakat Indonesian Idol 2021 musim kesebelas, Rimar Callista, baru-baru ini merilis sebuah lagu baru bertajuk 'Waktu dan Perhatian'

Pacaran dengan Rekan Kantor, Waspadai Risikonya
Fun
Pacaran dengan Rekan Kantor, Waspadai Risikonya

Sayangnya menjalin asmara dengan rekan satu kantor bisa menimbulkan berbagai masalah.

Mattel Dikecam Karena Koleksi Barbie Olimpiade Tokyo 2020
Fun
Mattel Dikecam Karena Koleksi Barbie Olimpiade Tokyo 2020

Koleksi tersebut pertama kali diluncurkan pada Februari 2020 sebagai bagian dari perjanjian lisensi dengan Komite Olimpiade Internasional.

Dewa United WM Keluar Sebagai Runner Up di ‘Patriot 24’ Kota Bekasi
Fun
Debut Si Anak Sutradara Ishana Night Shyamalan
ShowBiz
Debut Si Anak Sutradara Ishana Night Shyamalan

Ishana yang merupakan anak tengah dari tiga bersaudara

Penampakan Apple AirPods Gen-3 Beredar di Internet
Fun
Penampakan Apple AirPods Gen-3 Beredar di Internet

Apple AirPods generasi ketiga sudah lama dinantikan.

Yuk Ikutan! Dewa United Esports Gelar 'Battle of Gods', Turnamen Esports Berhadiah Rp150 Juta
Fun