Pandemi Bikin Jam Tidur Terbalik? Perbaiki dengan 3 Cara Ini Yuk perbaiki siklus tidur. (Foto Unsplash/Matthew Henry)

SELAMA diberlakukannya work from home dan diimbau untuk tetap #DirumahAja, tidak jarang jam tidur kita juga semakin ngaco. Biasanya harus bangun pagi dan bermacet-macetan, kini kamu bisa bekerja di ranjang sambil selimutan.

Karena kebiasaan di rumah, kita pun jadi rajin menonton series yang selama ini ingin ditonton. Karena nanggung, tidak jarang kita bablas nonton sampai subuh. Toh, besok bisa kerja sambil nyantai di rumah.

Baca juga:

Tidak Aneh, Suka Ngomong Sendiri Ternyata Banyak Manfaatnya

Dilansir dari Healthline, jam internal yang ada di tubuh kita akan selalu berputar antara tidur atau terjaga sepanjang hari. Siklus bangun-tidur ini dikenal sebagai ritme sirkadian.

Jam internal tubuh kita terletak di bagian otak bernama hipotalamus. Bagian otak ini menanggapi isyarat eksternal yang memberitahu tubuh jika waktunya untuk tidur sudah tiba.

Nah, jika kamu berniat untuk me-reset jam tidur dan meningkatkan kualitas tidurmu, yuk intip tips-tips di bawah ini!

1. Makan lebih awal

Jangan makan sebelum tidur. (Foto Unsplash/Ann Danilina)
Jangan makan sebelum tidur. (Foto Unsplash/Ann Danilina)

Ritme sirkadian mampu merespon terhadap kebiasaan makanmu. Makan malam yang telat bisa menunda jam tidur.

Maka dari itu, sebaiknya konsumsi makan malam pada dua sampai tiga jam sebelum tidur. Jangka waktu ini bisa menjadi kesempatan bagi tubuhmu untuk mencerna makanan tersebut.

Makan di jam yang selalu sama setiap hari juga bisa membuat tubuhmu menjadi terbiasa dengan suatu rutinitas. Hindari mengonsumsi minuman yang mengandung kafein sebelum tidur seperti kopi, teh, atau minuman penambah energi.

Alkohol juga menjadi minuman yang harus dihindari sebelum tidur karena mampu mengganggu ritme sirkadianmu.

Baca juga:

Tidak Bisa Tidur Karena Otak Terasa Penuh? Ikuti 3 Tips Ini

2. Relaksasi

Hindari minum kopi sebelum tidur. (Foto Unsplash/Alexandra Gorn)
Hindari minum kopi sebelum tidur. (Foto Unsplash/Alexandra Gorn)

Meluangkan waktu untuk relaksasi tubuh bisa membuatmu tidur lebih nyaman. Ketika kamu stres atau cemas, tubuhmu memproduksi lebih banyak hormon stres yaitu kortisol.

Semakin tinggi hormon kortisol, semakin terjaga kamu dibuatnya. Nah, untuk mengurangi stres yang bisa bikin susah tidur, kamu bisa melakukan yoga, stretching, meditasi, atau menulis jurnal sebelum tidur.

3. Skip tidur

Buat jam tidurmu normal lagi. (Foto Unsplash/Gregory Pappas)
Buat jam tidurmu normal lagi. (Foto Unsplash/Gregory Pappas)

Jika jam tidurmu sudah terbalik, kamu bisa skip tidur siang. Jam tidur yang sudah kacau biasanya bisa membuatmu sering ngantuk di siang hari. Meski begitu, usahakan untuk tetap terjaga, sehingga kamu bisa tidur dengan nyenyak pada jam yang sesuai yaitu malam hari.

Tidur siang yang lama juga bisa menyebabkan pusing dan sering membuatmu terbangun. Jika kamu sangat ngantuk, usahakan untuk tidur siang tidak lebih dari 30 menit dan coba tidur sebelum pukul 3 sore. (shn)

Baca juga:

3 Makanan dan Minuman Terbaik untuk Dikonsumsi Menjelang Tidur

Kredit : shenna

Tags Artikel Ini

shenna

LAINNYA DARI MERAH PUTIH