Pandemi COVID-19, Sapi Limosin 1,03 Ton Milik Jokowi Diperiksa Suhu Badannya

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Minggu, 26 Juli 2020
Pandemi COVID-19, Sapi Limosin 1,03 Ton Milik Jokowi Diperiksa Suhu Badannya
Dispertan Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah memeriksa suhu badan dan kesehatan sapi yang dibeli Presiden Jokowi, Minggu (26/7). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Dinas Pertanian dan Perikanan (Dispertan) Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah memeriksa suhu badan dan kesehatan sapi yang dibeli Presiden Jokowi dari peternak sapi Desa Mranggen, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo.

Kepala UPTD Rumah Potong dan Pusat Kesehatan Hewan Sukoharjo Leni Sri Lestari, mengatakan sebelum sapi yang dibeli Presiden Jokowi ini dikirim ke Masjid Agung Keraton Surakarta untuk dikorban pada Hari Raya Iduladha, dari Dispertan harus memastikan kondisi sapi benar-benar sehat.

"Kami cek suhu tubuh sapi terlebih dulu. Hasilnya suhu tubuh sapi limosin seberat 1,03 ton ini ini mencapai 38,2 derajat celcius atau dalam kondisi sehat," ujar Leni, Minggu (26/7).

Baca Juga

Hari Raya Iduladha, Jokowi Kurban 2 Ekor Sapi Limosin di Kampung Halaman

Ia mengungkapkan sapi dinyatakan tidak sehat apabila suhu tubuhnya melebihi 40-41 derajat celcius. Sapi ini sesuai rencana akan diserahkan ke Masjid Agung Solo pada Kamis (30/7) malam.

"Kami tidak hanya sekedar mengecek suhu badan saja, tapi juga kesehatan sapi meliputi cek tubuh, muka, kepala, hidung, kulit, dan mulut," papar dia.

Sapi yang dibeli Presiden Jokowi dari peternak sapi Desa Mranggen, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo (MP/Ismail)

Ia memastikan hasil cek kesehatan sapi ini dalam kondisi sehat. Pengecekan kesehatan hewan dilakukan sebelum diserahkan kepada Masjid Agung Solo. Tak hanya sapi kurban milik Presiden, pemeriksaan kesehatan juga dilakukan ke calon hewan kurban lainnya.

"Pemeriksaan ini penting kami lakukan guna memastikan kesehatan hewan sebelum disembelih saat perayaan Iduladha termasuk hewan kurban sapi dari Presiden Jokowi," katanya.

Selain cek kondisi kesehatan hewan, lanjut dia, petugas juga memberikan obat cacing bagi calon hewan kurban. Ia mengimbau warga memperhatikan kondisi hewan sebelum dilakukan penyembelihan untuk kurban.

Baca Juga

Terdampak Corona, Penjualan Daging Sapi di Yogyakarta Masih Merosot Tajam

Peternak sapi asal Mranggen, Kuncoro Budi Santoso, mengatakan sapi kurban jenis limosin dengan berat 1,03 Ton ini dibeli Presiden Jokowi seharga Rp90 Juta. Sapi ini sesui pesanan akan dikirim ke Masjid Agung pada Kamis (30/7).

"Setiap Iduladha Presiden Jokowi selalu memesan sapi untuk dikorbankan. Sudah empat kali ini Presiden mempercayakan hewan kurban di peternakan saya," tutup Kuncoro. (Ismail/Jawa Tengah)

#Sapi Limousine #Sapi Kurban #Hewan Kurban #Presiden Jokowi
Bagikan
Bagikan