Pandemi COVID-19, Pemkot Solo Tiadakan Open House dan Salat Idul Fitri Sekretaris Daerah (Sekda) Solo Ahyani. (MP/Ismail)

MerahPutih.Com - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo pada Lebaran tahun ini tidak mengadakan acara open house dan Salat Idul Fitri 1441 H/2020. Kebijakan tersebut diambil untuk mencegah terjadinya penularan virus corona atau COVID-19.

"Belum meredanya wabah COVID-19 menjadi alasan utama kami tidak mengadakan open house dan Salat Idul Fitri," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Solo Ahyani, Jumat (15/5).

Baca Juga:

Polisi Bakal Kejar Pengedar Surat Keterangan Sehat dan Bebas Corona

Ahyani mengatakan peniadakan acara open house ini mengikuti anjuran pemerintah agar tidak berkerumunan dan mengadakan acara yang mengundang banyak massa. Pada tahun-tahun sebelumnya, Pemkot menggelar kegiatan open house rumah dinas Wakil Wali Kota Achmad Purnomo.

Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kota Solo Ahyani
Ketua Gugus Tugas COVID-19 Pemkot Solo, Ahyani membuka acara pasar murah gula di Pasar Gede Solo, Sabtu (9/5). (MP/Ismail)

"Untuk kali pertama pada Lebaran tahun ini Pemkot Solo tidak menggelar open house akibat wabah virus corona," kata dia.

Sementara itu, untuk pelaksanaan Salat Idul Fitri biasanya dilaksanakan di masjid Balai Kota Solo. Ia menjeskan ditiadakannya Salat Idul Fitri ini mengikuti surat edaran (SE) Kementerian Agama (Kemenag) yang mengimbau agar semua kegiatan ibada keagamaan di tengah pandemi COVID-19 diadakan di rumah.

"Ini sekaligus pemberitahuan pada ASN (Aparatur Sipil Negara) dan masyarakat Solo untuk tahun ini tidak ada open house dan Salat Idul Fitri," kata dia.

Baca Juga:

Mirisnya Kondisi Kebun Binatang Terdampak Corona, Minim Dana Paksa Binatang 'Diet'

Ia juga mengimbau masyarakat agar tidak mengadakan kegiatan berkunjung di rumah saudara dan tetangga untuk berlebaran dan silaturahim di tengah pandemi COVID-19. Dari tim Gugus Tugas COVID-19 nanti akan berpatroli melakukan pemantauan di lapangan.

"Mari kita bersama-sama menjaga diri dan melindungi keluarga kita semua agar tidak tertular virus COVID-19," pungkasnya.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga:

Ratusan Pelaku Sebar Hoaks Bermotif Candaan dan Tak Suka dengan Pemerintah



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH