1 Tahun COVID-19
Pandemi COVID-19 Mengubah Layanan Perawatan Mobil Serba dari Rumah Perubahan kebiasaan pelayanan dan perawatan mobil di masa pandemi (foto: pixabay/avtoritetkhv)

TIDAK terasa pandemi COVID-19 sudah hampir setahun melanda Tanah Air. Dampak dari pandemi sendiri cukup luas, banyak kebiasaan 'terpaksa' dilakukan, tak terkecuali dari segi perawatan kendaraan.

Semua sektor bisnis mau tidak mau harus beradaptasi dengan situasi pandemi. Hal itu demi menjaga stabilitas keuangan, agar perusahaan bisa tetap berjalan, dan karyawan pun bisa tetap bekerja.

Baca Juga:

Pandemi COVID-19 Memantik Musisi Jadi Lebih Mandiri

Seperti pada layanan perawatan mobil. Banyak bengkel yang harus beradaptasi dengan situasi pandemi, dengan cara 'menjemput bola'. Dalam hal ini melakukan sejumlah pelayanan di rumah pelanggan.

Salah satnya ialah Toyota. Produsen mobil ternama tersebut menyediakan program Toyota Mobile Service (TMS) dan Pick Up Delivery.

Seperti yang dilansir dari laman kabaroto, Toyota Mobile Service (TMS) dan Pick Up Delivery merupakan layanan yang disediakan oleh Toyota, untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan, khususnya yang berada di rumah saja.

Toyota menyediakan sejumlah layanan service di rumah customer (Foto: istimewa)

TMS sendiri dibekali dengan armada yang cukup lengkap, yakni 13 unit motor dan 555 unit mobil yang siap melakukan service kendaraan.

Jadi para customer tak perlu datang ke workshop Toyota. Selain itu, layanan yang cukup membantu di masa pandemi yakni Pick Up Delivery, pihak Toyota akan embantu menjemput dan mengantar kendaraan kembali ke rumah customer.

Selain layanan tersebut, dalam upaya mendukung program physical distancing yang diserukan pemerintah, Toyota meningkatkan kapasitas layanan digital yang sudah ada, seperti Chatbot Toyota dan aplikasi mToyota.

Baca juga:

Kisah Inspiratif Survivor Kasus 01 COVID-19 Sita Tyasutami Menghadapi Perundungan

Toyota menghadirkan Chabot, yang berguna untuk memberikan informasi terbaru seputar otomotif pada customer (foto: istimewa)

Sedikit informasi, Chatbot Toyota merupakan layanan Toyota Interactive Virtual Assistant, yang dihadirkan untuk dapat memberikan informasi terbaru dari Toyota kepada customer.

Lewat Chatbot tersebut, Custumer bisa mendapat sejumlah informasi tentang produk, tips perawatan, program penjualan dan informasi penting tentang otomotif lainnya.

Pada layanan digital, Toyota memiliki aplikasi mTOYOTA, sebuah aplikasi mobil dengan tiga aspek keunggulan. Dalam hal ini mengutamakan personalization, one stop service, dan engagement. Aplikasi tersebut bisa dengan mudah diunduh di Google Play Store maupun App Store.

Mobil Lubricants besma Brum Indonesia menghadirkan layanan service di rumah dengan penawaran menarik (foto: istimewa)

Sementara itu pada masa pandemi, PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI) menggandeng Brum Indonesia, untuk menghadirkan layanan service di rumah bagi pengguna mobil yang di klaim aman dan nyaman, dengan menggunakan pelumas Mobil Lubricants.

Proses servis di rumah tersebut dilakukan dengan menjalankan protokol kesehatan. Sebelum melakukan pergantian pelumas di rumah, penting untuk mengetahui jenis pelumas yang sesuai untuk mesin kendaraanmu, khususnya tingkat kekentalan (SAE) pelumas. Hal itu biasanya memunculkan perdebatan dan pendapat.

Adapun salah satu faktor yang bisa memengaruhi tingkat kekentalan pelumas sesuai yang dibutuhkan mesin, yakni usia kendaraan.

Hal tersebut berkaitan dengan teknologi, dan jarak renggang antar komponen mesin yang sudah tak serapat saat kondisi baru. Untuk itu, customer harus mengetahui karakteristik kendaraanya, sebelum menentukan jenis pelumas yang digunakan.

Pada layanan service di rumah tersebut, pihak Brum Indonesia mengatakan, bahwa ada edukasi dari mekanik tentang jenis pelumas rekomendasi, yang memang kadang menjadi dilema untuk customer.

Menariknya, pada layanan service di rumah tersebut, pelanggan akan mendapatkan masker dan minyak goreng lewat program 'Mobil Ngebrum, Dapur Ngepul'.

Lewat Auto2000 Digiroom, kamu bisa dengan mudah melakukan penjualan dan after sales dari rumah (Foto: istimewa)

Selain perawatan di rumah, beberapa brand juga melakukan adaptasi untuk meningkatkan penjualan dengan cara memudahkan konsumen. Seperti halnya Toyota, yang memberikan fasilitas Auto2000 Digiroom.

Lewat Auto2000 Digiroom, kamu dengan mudah bisa melakukan transaksi penjualan dan aftersales dari rumah saja. Menariknya, tak hanya sekadar melakukan transaksi seperti biasa, Auto2000 pun memberikan penawaran menarik, seperti pada beberapa model kendaraanya, mendapat diskon khusus.

Bicara soal pembelian kendaraan, tidak sedikit customer yang ingin melakukan test drive agar tidak seperti 'membeli kucing dalam karung'.

Karena dengan melakukan test drive sebelum membeli, pelanggan bisa melihat dan merasakan detail mobil yang akan dibeli dan digunakannya sehari-hari. Mengenai hal itu, kamu tak perlu khawatir. karena Auto2000 juga menyediakan layanan test drive di rumah.

Nah itu dia sebagian kecil adaptasi pelayanan di masa pandemi COVID-19. Jadi kamu tak perlu khawatir mobil kamu tidak terawat meski berada di rumah saja. Karena sejumlah opsi tersebut bisa membuatmu terhindar dari keramaian dan memperkecil kemungkinan terpapar virus COVID-19. Selain Toyota, sejumlah produsen mobil lainnya seperti Daihatsu, BMW, Peugeot, Honda, DFSK dan sebagainya pun menawarkan layanan home service di masa pandemi. (Ryn)

Baca Juga:

Prediksi Kondisi Pandemi COVID-19 di Indonesia Menurut Pakar Feng Shui

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
5 Cara Tampil Seksi Tanpa Harus Pamer Kulit
Fashion
5 Cara Tampil Seksi Tanpa Harus Pamer Kulit

Mana yang sesuai dengan gayamu?

Kemudahan Memperpanjang SIM di Tengah Pandemi, Asal...
Fun
Kemudahan Memperpanjang SIM di Tengah Pandemi, Asal...

Kepolisian memberikan kemudahan memper[panjang SIM di tengah pandemi dengan kondisi tertentu.

Motor Sport terbaru Honda segera Hadir di Indonesia
Fun
Motor Sport terbaru Honda segera Hadir di Indonesia

Motor ini memiliki ciri khas racing dengan penyematan desain yang bernuansa bigbike.

Pasangan Menikah Lebih Sehat dan Bahagia Ketimbang Lajang?
Fun
Drive-In Cinema, Pengobat Rindu Nonton Film di Bioskop
Fun
Drive-In Cinema, Pengobat Rindu Nonton Film di Bioskop

Setelah hilang beberapa dekade, 2020 menjadi awal kebangkitan konsep bioskop drive-in.

Begini Seharusnya Bumil Pakai Seatbelt
Fun
Begini Seharusnya Bumil Pakai Seatbelt

cara pakai seatbelt yang benar untuk bumil.

Tren Fesyen Perempuan Korea di Musim Dingin
Fashion
Tren Fesyen Perempuan Korea di Musim Dingin

Korea Selatan memang meluaskan pengaruhnya hingga ke fesyen.

Resmi Jadi Presiden AS, Joe Biden: Demokrasi Telah Menang
ShowBiz
Resmi Jadi Presiden AS, Joe Biden: Demokrasi Telah Menang

Pidatonya disampaikan setelah selesai bersumpah.

Teknik Ahli Kuliner Merebus Telur, Dijamin Enak dan Pas
Fun
Teknik Ahli Kuliner Merebus Telur, Dijamin Enak dan Pas

Untuk hasil yang maksimal, jangan asal merebus telur.

[HOAKS atau FAKTA]: Makan Pisang di Malam Hari Sebabkan Batuk
Fun
[HOAKS atau FAKTA]: Makan Pisang di Malam Hari Sebabkan Batuk

Di sana juga dijelaskan jika waktu yang tepat untuk mengonsumsi pisang adalah pada pukul 8-11 pagi.