Pandemi Bikin Tidur Gak Nyenyak? Atasi Dengan 4 Cara Ini Jangan bermain HP sebelum tidur. (Foto: Singularity Hub)

STRES karena memikirkan pandemi bisa membuat tidurmu tidak nyenyak. Bahkan kamu bisa tidak tidur sama sekali. Padahal, tidur yang cukup dan berkualitas merupakan komponen yang penting untuk kesehatan mental dan fisik manusia.

"Jika kita tidak tidur, kita bisa mengurangi kekebalan tubuh dan meningkatkan peradangan dalam tubuh, yang mana kita ketahui bahwa hal tersebut bisa membuat kita lebih rentan terhadap berbagai virus atau apapun yang ada di lingkungan kita," ungkap Brittany LeMonda, seorang senior neuropsychologist di Lenoz Hill Hospital.

Agar terhindar dari penyakit dan virus, berikut merupakan cara meningkatkan kualitas tidur selama pandemi COVID-19 menurut Healthline:

Baca juga:

Pecinta Basket? Yuk Miliki 4 Sneakers Converse x NBA

1. Jangan keseringan tidur siang

Kurangi tidur siang. (Foto: Thailand Medical news)
Kurangi tidur siang. (Foto: Thailand Medical news)

Work From Home sering membuat kita bekerja sambil tiduran di sofa. Bahkan tidak beranjak sama sekali dari ranjang sejak bangun tidur. Fenomena ini menyebabkan kita menjadi mageran dan mudah ngantuk.

Jika keseringan tidur siang, kamu cenderung tidak mengantuk lagi ketika malam hari, sehingga rutinitas tidur kamu terganggu. Kurangi tidur siang agar kamu akan merasa letih dan mengantuk pada malam hari.

2. Olahraga, tapi jangan lakukan sebelum tidur

jangan berolahraga sebelum tidur. (Foto: BBC Good Food)
jangan berolahraga sebelum tidur. (Foto: BBC Good Food)

Meski Gym tutup karena pandemi, bukan berarti kamu harus berhenti berolahraga. Berolahraga sangat baik untuk menjaga kebugaran tubuh, apalagi ketika kamu makin minim bergerak selama self-quarantine. LeMonda mengatakan ketika kamu berolahraga, tubuhmu akan merasa letih dan akan gampang tertidur pada malam hari.

LeMonda juga menyarankan agar tidak berolahraga beberapa jam sebelum tidur karena akan menstimulasi aktivitas fisik. Ini makin membuatmu makin sulit tidur. Berolahragalah pada siang atau sore hari selama kurang lebih satu jam.

Baca juga:

Mengintip Puding Biru Asal Jepang yang Mendadak Viral

3. Batasi bermain gadget sebelum tidur

Hindari bermain ponsel sebelum tidur. (Foto: Healthline)
Hindari bermain ponsel sebelum tidur. (Foto: Healthline)

LeMonda mengatakan menonton film dan bermain ponsel bisa memicu kecemasan yang membuatmu kesulitan tidur. Untuk membuatmu mengantuk, lakukan aktivitas seperti membaca buku atau mendengarkan lagu yang menenangkanmu sebelum tidur.

4. Mandi air hangat

Mandi air hangat sebelum tidur bisa membuatmu tidur nyenyak. (Foto: Healthline)
Mandi air hangat sebelum tidur bisa membuatmu tidur nyenyak. (Foto: Healthline)

Mandi air hangat sebelum tidur meningkatkan kualitas tidurmu. Perasaan nyaman, bersih, dan hangat setelah mandi membuatmu mengantuk dan tidurmu semakin berkualitas. Untuk membuat suasana kamar semakin nyaman, nyalakan lilin aroma terapi dengan wangi yang relaxing. (shn)

Baca juga:

Ratusan iPhone Dijadikan Dekorasi Tembok Rumah, Siapa Yah Pemiliknya?

Kredit : shenna

Tags Artikel Ini

Shenna

LAINNYA DARI MERAH PUTIH