Pandemi COVID-19 Masih Tinggi, Warga Solo Diimbau Tidak Pulang Kampung Saat Libur Panjang

Andika PratamaAndika Pratama - Selasa, 27 Oktober 2020
Pandemi COVID-19 Masih Tinggi, Warga Solo Diimbau Tidak Pulang Kampung Saat Libur Panjang
Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, Selasa (27/10). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Pemerintah melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 17 Tahun 2020, menetapkan cuti bersama dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, pada 28-30 Oktober 2020.

Menanggapi libur panjang tersebut, Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, mengimbau seluruh warganya yang berada di perantauan tidak mudik. Imbauan tersebut dilakukan mengingat vaksin COVID-19 belum ditemukan dan tingginya jumlah komulatif COVID-19 menembus angka sebanyak 1.079 kasus.

"Sebagai Wali Kota Solo, saya mengimbau pada semua warga yang di perantauan, agar tidak perlu pulang kampung dulu sebelum vaksin COVID-19 ditemukan," ujar Rudy usai Apel Gelar Kesiapsiagaan Dalam Rangka Penanggulangan Bencana di wilayah Solo, Jawa Tengah di Plaza Manahan, Solo, Selasa (27/10).

Baca Juga

Jelang Libur Panjang, Penderita Corona Hampir Tembus 400 Ribu Kasus

Ia meminta pada warga Solo yang merantau untuk tetap berada di tempat perantauan dan menikmati liburan disana. Menurutnya, mudik boleh saja dilakukan jika situasi Solo aman dari pandemi COVID-19.

"Lebih baik liburan di tempat bekerja bersama keluarga di sana. Baru kalau sudah aman kita bisa ketemu keluarga," tutur dia.

Namun demikian, jika terpaksa harus pulang kampung karena ada sesuatu yang tidak bisa ditinggalkan, Rudy menekankan agar warga untuk menerapkan protokol kesehatan. Warga tetap harus disiplin dengan memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan menjaga jarak (3M).

"Program pemerintah saat ini adalah mengantisipasi penyebaran virus COVID-19, tetapi juga wajib menjaga pergerakan ekonomi di tengah pandemi korona. Jadi harus mematuhi 3M," papar dia.

Rudy menambahkan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan seluruh pihak terkait. Termasuk mengoptimalkan program Jogo Tonggo sebagai antisipasi penyebaran COVID-19.

Baca Juga

Long Weekend Akhir Oktober Berisiko Tinggi Penyebaran Corona

"Warga yang pulang kampung tidak boleh kemana-mana dulu. Cukup liburan di rumah saja. Kami akan minta Lurah dan Linmas untuk mengawasi daerahnya masing-masing," tutup Rudy. (Ismail/Jawa Tengah)

#Pemkot Solo #COVID-19 #Liburan
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan